home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

CDC Rilis Kriteria Baru Jenis Masker Paling Efektif Tangkal Virus Covid-19

Jumat, 13 November 2020 13:50 by RizkiSetiawaan | 632 hits
CDC Rilis Kriteria Baru Jenis Masker Paling Efektif Tangkal Virus Covid-19
Image Source: fame.grid.id

DREAMERS.ID - Menggunakan masker wajah masih sangat dianjurkan oleh WHO maupun pemerintah sebagai pencegahan penularan virus Covid-19. Otoritas kesehatan dunia baru saja memberikan update tentang jenis masker yang efektif tangkal virus.

Melansir dari CNBC Indonesia, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat menyebutkan infeksi SARS-CoV-2 ditularkan terutama dari tetesan pernapasan atau droplet yang dihasilkan saat orang batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, atau bernapas.

Menurut CDC, menggunakan masker bertujuan untuk mengurangi dan menghalang paparan droplet yang mengandung virus, khusunya kepada orang tanpa gejala (OTG), yang di mana dirinya merasa sehat dan mungkin tidak menyadari penularnya kepada orang lain.

Sehingga sampai saat ini CDC menyarankan masyarakat pakai masker kain multi-lapis tanpa katup, "CDC merekomendasikan penggunaan masker oleh masyarakat, khususnya masker kain multi-lapis tanpa katup, untuk mencegah penularan SARS-CoV-2," tulis CDC dalam situsnya pada Selasa (10/11).

Baca juga: Pemberian masker Kepada Habib Rizieq Shihab Menimbulkan Pro dan Kontra

Masker kain juga efektif untuk memblokir 20-30 mikron, tetapi masker kain juga dapat memblokir pernafasan tetesan halus dan parikel (aerosol) yang ukuranya lebih kecil dari 10 mikron. Jumlah aerosol juga dapat meningkat dengan berbicara, dan jenis fonasi tertentu.

Masker kain yang berlapis lebih banyak dapat memblokir hingga 70-50% dari tetesan dan partikel halus lainnya, hal ini dapat membatasi penyebaran virusnya. Studi kasus juga telah menunjukkan bahwa masker kain dapat mengurangi paparan tetesan infeksi pemakainnya melalui penyaringan.

Namun efektivitas dari masker kain tersebut juga dapat dilihat dari filtrasinya, yaitu bahan masker itu sendiri. Dengan menggunakan beberapa lapisan masker juga dapat menghasilkan proteksi lebih aman dibandingkan hanya menggunakan satu lapis.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....
  • HOT !
    Kendall Jenner mengubah rutinitas kecantikannya selama empat tahun terakhir, setelah sempat mengalami masalah jerawat. Sekarang, ia lebih memilih untuk merawat kulitnya dengan masker alami yang dibuat sendiri....
  • HOT !
    Sundae Gopchang Bokkeum adalah makanan khas dari Korea Selatan, yang memiliki arti Sundae (sosis darah) dan Gopchang (usus). Makanan ini terdengar ekstrem namun sudah menjadi makanan biasa bagi orang Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)