home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

RUU Jadi Polemik, Ini Baik Buruknya Alkohol Bagi Kesehatan

Jumat, 13 November 2020 13:10 by RizkiSetiawaan | 347 hits
RUU Jadi Polemik, Ini Baik Buruknya Alkohol Bagi Kesehatan
Image Source:tek.id

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan kita. Selain memabukkan, alkohol juga dapat memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti kanker dan gangguan penyakit lainnya.

Para ahli mengatakan, takaran minum juga akan sangat menentukan efek dari alkohol bagi tubuh. Banyak yang mengklaim tentang manfaat hanya berlaku pada konsumsi yang wajar dan sedikit, bukan secara berlebihan.

"Alkohol, terutama red wine, mengandung resveratrol dan antioksidan dan bioflavanoid dan polifenol, dan semua itu bisa larut di pembuluh darah dan mengurangi radang," kata De Suzanne Steinbaum, juru bicara American Heart Association, dikutip dari Medicinenet via detik.com.

Meminum alkohol juga sangat amat dibatasi dan hanya boleh dikonsumsi sesuai takaran saja. Bagi seseorang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan, dilarang keras untuk mengkonsumsi alkohol. Begitu pula penderita penyakit hati dan lambung, ibu hamil.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Minuman Alkohol Populer dari Korea Selatan

Jika ada mitos bisa untuk menyehatkan jantung, nyatanya tidak harus mengkonsumsi alkohol karena cukup memakan-makanan yang sehat. Lantas apa dampak buruk alkohol bagi kesehatan?

Walaupun memiliki manfaat, alkohol juga dapat meningkatkan kadar lemak trigliserida yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan naiknya tekan darah. Alkohol juga memiliki resiko yang menyebabkan detak hantung tidak teratur.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, juga dapat menambah berat badan, merusak ginjal dan hati, kanker dan asma. Serta dapat menyebabkan turunnya kadar gula secara drastis yang berbahaya bagi kesehatan. Parahnya jika sampai kecanduan alkohol bisa berujung kematian.

Satu hal yang sudah pasti jika berlebihan minum alkohol adalah mabuk, di mana peminum tidak akan bisa mengontrol sikapnya. Sehingga memicu insiden lain seperti kecelakaan berkendara.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)