home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rapid Test Covid-19 Dianggap Tidak Akurat, Ini Penjelasan Ahli

Senin, 19 Oktober 2020 19:15 by RandyW | 2168 hits
Rapid Test Covid-19 Dianggap Tidak Akurat, Ini Penjelasan Ahli
Image Source: The Conversation

DREAMERS.ID - Sejak awal virus corona menyebar, tes rapid atau rapid test menjadi yang paling populer untuk mendeteksi. Namun belakangan ini, rapid test dianggap sudah tidak efektif bahkan tidak akurat. Bagaimana penjelasan ahli?

Seperti yang diketahui, rapid test biasanya lebih cepat dengan hasilnya keluar hanya dalam waktu 30 menit. Tes rapid dapat mengetahui antigen IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Covid-19, yang menjadi indikator apakah seseorang reaktif atau tidak.

Kini muncul pro dan kontra mengenai efektif atau tidak rapid test yang mudah digunakan dan hasil yang cepat. Melansir Sindonews (19/10), sebuah penelitian dilakukan oleh Marion Koopmans dari Eramus University Medical Center, Belanda.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

Penelitian dilakukan kepada 1.754 orang positif corona, dengan menggunakan lima uji antigen cepat yang tersedia secara komersial. Dari hasil penelitian tersebut menghasilkan sebanyak dua tes paling sensitif mendeteksi virus lebih dari 97 persen, dan tes paling sensitif dilakukan pada sekitar 75 persen kasus.

Semua sempel yang diambil berasal dari orang dengan gejala Covid-19, dengan tingkat virus corona yang tinggi. Hasilnya, tes antigen cepat mungkin kurang efektif untuk mendeteksi keberadaan virus pada orang dengan tingkat virus yang rendah.

Untuk itu, terkadang ditemukan kasus rapid test negatif tetapi ketika di swab hasilnya positif, khususnya pada mereka yang termasuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala). Penelitian ini bukanlah akhir, mengingat vaksin untuk melawan virus Covid-19 yang masih belum ditemukan.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)