home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Resiko Penularan Virus Corona Lewat Makanan Beku

Senin, 19 Oktober 2020 15:10 by RizkiSetiawaan | 566 hits
Kata Ahli Soal Resiko Penularan Virus Corona Lewat Makanan Beku
Image source: national geographic

DREAMERS.ID - Sampai detik ini, virus corona masih menghantui masyarakat dunia. Bukan hanya jumlah kasusnya saja yang terus meningkat, tetapi cara penularan virus corona pun kini semakin bervariasi.

Baru-baru ini, telah ditemukan kasus bahwa penyebaran virus corona tak hanya lewat udara saja, tetapi juga bisa menularkan melalui makanan beku. Melansir dari CNN Indonesia (19/10), Center for Disease Control and Prevention (CDC) China baru saja mengkonfirmasi keberadan virus corona pada kemasan luar ikan beku.

Hal ini diumumkan setelah adanya penyelidikan selama beberapa waktu lalu untuk melacak sumber virus tersebut yang berada di kemasan luar ikan beku. Hasil dari penyelidikan menunjukkan, bahwa kontak dengan kemasan makanan beku yang sudah terkontaminasi virus corona yang masih aktif dapat menyebabkan infeksi.

"Ini adalah pertama kalinya di dunia penemuan mengenai virus corona yang masih aktif pada kemasan luar makanan beku,” ujar CDC China, mengutip Xinhua.

Baca juga: Permintaan Klien Sultan, Masker Termahal di Dunia Seharga Rp 22,5 Miliar

Kendati penularan virus corona melalui makanan beku memang masih sangat rendah, dan sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Para ahli sepakat, walaupun virus itu masih mungkin ditemukan pada makanan beku, namun tak dapat lagi menimbulkan infeksi.

Namun, ahli epidemiolog George Mason University, Amerika Serikat, Amira Roess, berpendapat bahwa sampai saat ini tidak ada bukti penularan dari kemasan makanan beku. Begitu pula ahli mikrobiologi Rodney Rohde yang mengatakan bahwa virus tidak dapat bereproduksi di luar sel inang, seperti manusia.

Virus dikatakan rapuh di luar sel inang, serta rentan mengering karena sinar matahari atau perubahan suhu. Sehingga meski resiko penularan tetap ada, tapi sangat rendah.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    TikTok merupakan jejaring sosial dan platform video yang paling digemari saat ini. Banyak konten menarik, mulai dari sekedar menari, meme, atau bahkan memberikan trik untuk memecahkan sebuah masalah....
  • HOT !
    Same outfit different feelings alert! Kali ini ada dua selebriti wanita beda genre yang tertangkap kamera mengenakan outfit yang sama pada kesempatan yang berbeda, yakni Jessi dan Nayeon TWICE....
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)