home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gangguan Pendengaran, Gejala Covid-19 yang Belum Banyak Disorot

Senin, 19 Oktober 2020 12:50 by SidikTri | 560 hits
Gangguan Pendengaran, Gejala Covid-19 yang Belum Banyak Disorot
Image Source: Ciputra Medical Center

DREAMERS.ID - Selain gejala gangguan pada indra penciuman dan pengecapan, beberapa pasien COVID-19 juga dilaporkan ada yang mengalami gangguan pada indra pendengaran, yang selama ini belum banyak diketahui.

Melansir Detik (19/10), beberapa waktu lalu, seorang pria dilaporkan tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran berbarengan dengan tinnitus di sisi telinga kirinya. Berdasarkan laporan tersebut, para peneliti kemudian menyebut bahwa gangguan pendengaran dan tinnitus ini bisa menjadi gejala orang saat terpapar COVID-19.

Namun para peneliti saat ini mengakui bahwa diskusi terkait gejala tersebut masih sangat minim. "Terlepas dari literatur yang cukup banyak tentang COVID-19 dan berbagai gejala yang terkait dengan virus tersebut, ada kurangnya diskusi tentang hubungan antara COVID-19 dan pendengaran," kata para ilmuwan dari University College London dan Royal National Throat, Nose and Ear.

Dikutip dari Express UK, para peneliti kemudian mendesak para dokter untuk mewaspadai tanda-tanda gangguan pendengaran dan tinnitus. Hal itu disebut bisa berkaitan dengan infeksi COVID-19. Lalu apa sebenarnya tinnitus itu?

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

Tinnitus adalah sebutan untuk mendengar suara yang tidak dapat dijelaskan seperti dering, dengung, desis, dan denyutan. Para peneliti mengatakan tinnitus ini adalah gejala yang sudah ditemukan pada pasien COVID-19, tetapi masih belum mendapat sorotan.

"Kehilangan pendengaran dan tinnitus adalah gejala yang telah terlihat pada pasien dengan COVID-19 dan virus influenza, tetapi belum disorot," kata para ilmuwan dari University College London dan Royal National Throat.

"Mengingat keberadaan virus (COVID-19) yang tersebar luas di populasi dan morbiditas gangguan pendengaran yang signifikan, penting untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut," lanjut para ilmuwan.

Tinnitus yang perlu diwaspadai menjadi tanda terinfeksi COVID-19 adalah saat disertai dengan gejala demam tinggi, batuk baru, dan perubahan indra penciuman atau perasa yang umum dikeluhkan pasien Corona.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)