home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gangguan Pendengaran, Gejala Covid-19 yang Belum Banyak Disorot

Senin, 19 Oktober 2020 12:50 by SidikTri | 500 hits
Gangguan Pendengaran, Gejala Covid-19 yang Belum Banyak Disorot
Image Source: Ciputra Medical Center

DREAMERS.ID - Selain gejala gangguan pada indra penciuman dan pengecapan, beberapa pasien COVID-19 juga dilaporkan ada yang mengalami gangguan pada indra pendengaran, yang selama ini belum banyak diketahui.

Melansir Detik (19/10), beberapa waktu lalu, seorang pria dilaporkan tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran berbarengan dengan tinnitus di sisi telinga kirinya. Berdasarkan laporan tersebut, para peneliti kemudian menyebut bahwa gangguan pendengaran dan tinnitus ini bisa menjadi gejala orang saat terpapar COVID-19.

Namun para peneliti saat ini mengakui bahwa diskusi terkait gejala tersebut masih sangat minim. "Terlepas dari literatur yang cukup banyak tentang COVID-19 dan berbagai gejala yang terkait dengan virus tersebut, ada kurangnya diskusi tentang hubungan antara COVID-19 dan pendengaran," kata para ilmuwan dari University College London dan Royal National Throat, Nose and Ear.

Dikutip dari Express UK, para peneliti kemudian mendesak para dokter untuk mewaspadai tanda-tanda gangguan pendengaran dan tinnitus. Hal itu disebut bisa berkaitan dengan infeksi COVID-19. Lalu apa sebenarnya tinnitus itu?

Baca juga: Muncul Wacana Diterbitkannya Paspor Khusus COVID-19, Apa Fungsinya?

Tinnitus adalah sebutan untuk mendengar suara yang tidak dapat dijelaskan seperti dering, dengung, desis, dan denyutan. Para peneliti mengatakan tinnitus ini adalah gejala yang sudah ditemukan pada pasien COVID-19, tetapi masih belum mendapat sorotan.

"Kehilangan pendengaran dan tinnitus adalah gejala yang telah terlihat pada pasien dengan COVID-19 dan virus influenza, tetapi belum disorot," kata para ilmuwan dari University College London dan Royal National Throat.

"Mengingat keberadaan virus (COVID-19) yang tersebar luas di populasi dan morbiditas gangguan pendengaran yang signifikan, penting untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut," lanjut para ilmuwan.

Tinnitus yang perlu diwaspadai menjadi tanda terinfeksi COVID-19 adalah saat disertai dengan gejala demam tinggi, batuk baru, dan perubahan indra penciuman atau perasa yang umum dikeluhkan pasien Corona.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Masalah kulit berjerawat tidak hanya bisa diatasi dengan cara perawatan dari luar, tetapi juga harus didukung dari dalam. Ada minuman tertentu yang apabila dikonsumsi rutin dapat memiliki efek yang baik untuk mengatasi jerawat....
  • HOT !
    Amerika Serikat tepatnya di Corolado memiliki toilet umum yang dinobatkan sebagai toilet terbaik. Pasalnya, toilet ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan harga yang sangat mahal....
  • HOT !
    Setiap wanita pasti ingin sekali ketika pergi seharian makeupnya masih terlihat cantik, dan bahkan tidak luntur ketika kena air atau paparan sinar matahari. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi hal terebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)