home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anti Buncit Klub, Ini 7 Pilihan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Senin, 19 Oktober 2020 13:10 by SartikaF | 639 hits
Anti Buncit Klub, Ini 7 Pilihan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Mereka yang sedang diet kebanyakan menghindari nasi karena kandungan karbohidratnya membuat gemuk. Makanan pengganti nasi untuk diet tentunya sangat berguna dalam proses penurunan berat badan yang paling ampuh dan mencegah lapar.

Nasi selama ini menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, namun nasi juga mengandung gula, sehingga jika kalian memakan karbohidrat terlalu banyak dan tidak melakukan olahraga, tentu saja berat badan kalian akan bertambah hingga membuat perut buncit.

Sehingga tidak sedikit yang langsung berhenti makan karbohidrat berupa nasi demi menurunkan berat badan. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan. Jangan khawatir, kalian masih bisa mendapatkan manfaat dari sumber karbohidrat pengganti nasi berikut ini yang telah dikutip dari berbagai sumber:

1. Kentang

Kita telah mengetahui bahwa kentang salah satu tumbuhan yang cocok dimakan sebagai pengganti nasi. Kandungan nutrisi kentang bisa berbeda-beda tergantung varietas dan cara pembuatannya. Ada baiknya memakan kentang dengan cara masak dikukus atau dipanggang.

2. Jagung

Jagung merupakan sayuran bertepung dan biji-bijian sereal yang kaya akan vitamin dan mineral. Jagung sudah dikenal salah satu sumber karbohidrat yang kaya serat, vitamin, dan mineral, serta relatif rendah protein dan lemak lho. Jagung utuh juga mengandung lebih banyak serat, vitamin C, vitamin B, magnesium dan kalium.

3. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Quinoa juga memiliki kesembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein yang sangat kaya, terutama bagi kalian vegetarian.

4. Soba

Soba adalah mie jepang yang terbuat dari gandum. Soba bebas gluten dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula darah, apabila dikonsumsi secara teratur.

Soba kaya serat dan bahkan dikenal untuk melawan kanker. Soba mengandung kalori yang jauh lebih sedikit daripada nasi, dan efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Ubi Jalar

Ubi juga bisa dijadikan makanan pengganti nasi pada saat diet. Ubi jalar mengandung 100 gram kalori, 2,5 gram karbohidrat sehat, dan kadar vitamin A dengan jumlah 6 kali lipat dari kebutuhan harian anda.

Selain bisa untuk diet, ubi jalar juga dapat menyehatkan jantung serta membantu menurunkan risiko diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh.

6. Barley

Barley atau jelai masuk dalam keluarga biji-bijian gandum yang bisa membantu menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah, hingga mencegah kanker. Jelai disebut sebagai pengganti nasi yang lebih sehat, walau cara masaknya cukup lama. Namun untuk mengonsumsinya harus konsultasi dengan ahli.

7. Shirataki

Shirataki nama populer dari konnyaku adalah sumber karbohidrat pengganti nasi yang belakangan menjadi tren. Shirataki terbuat dari iles iles (umbi) atau serat akar tanaman konjak yakni glukomanan. Teksturnya kenyal, kaya serat, dan tidak akan membuat gemuk.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    TikTok merupakan jejaring sosial dan platform video yang paling digemari saat ini. Banyak konten menarik, mulai dari sekedar menari, meme, atau bahkan memberikan trik untuk memecahkan sebuah masalah....
  • HOT !
    Same outfit different feelings alert! Kali ini ada dua selebriti wanita beda genre yang tertangkap kamera mengenakan outfit yang sama pada kesempatan yang berbeda, yakni Jessi dan Nayeon TWICE....
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)