home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada 6 Masalah Psikologis Tertinggi Selama Pandemi, Kamu Mengalaminya?

Jumat, 16 Oktober 2020 13:30 by SartikaF | 492 hits
Ada 6 Masalah Psikologis Tertinggi Selama Pandemi, Kamu Mengalaminya?
Image source: Lemonila.com

DREAMERS.ID - Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia ini berdampak kepada kondisi psikologis masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, terdapat laporan dari Ikatan Psikologis Krilis (IPK) Indonesia yang menemukan masalah psikologis paling banyak dialami orang Indonesia selama pandemi.

Laporan ini diketahui berdasarkan kasus yang sudah ditangani oleh psikolog klinis di seluruh Indonesia selama pandemi berlangsung, pada bulan Maret-Agustus 2020. Baik konsultasi secara tatap muka, maupun telekonseling di praktik mandiri, rumah sakit umum, biro psikologi, dan sebagainya.

Melansir laman CNN Indonesia, dari data Satgas IPK terdapat dari analisis 14.629 klien individu, 927 klien keluarga, dan 191 klien komunitas. Beberapa diantaranya dibagi berdasarkan segi usia, klien anak/remaja berjumlah 4.690, klien dewasa 9.426, dan klien lansia 501 orang.

Saat ini hasil yang didapat ada enam masalah yang paling banyak dialami orang Indonesia, yakni hambatan belajar mencapai 25,8 persen, keluhan stres umum 23,9 persen, keluhan cemas 18,9 persen, mood swing 9,3 persen, gangguan cemas 8,8 persen, dan keluhan somatis 4,7 persen.

Masalah tersebut tentunya harus segera diatasi agar tidak semakin parah. "Kalau keluhan-keluhan ini tidak tertangani dengan baik, ini dapat berkembang menjadi gangguan dan membahayakan kesehatan jiwa," kata Ketua Umum IPK Indonesia psikolog Indria L Gamayanti saat memaparkan temuannya di webinar, Rabu (14/10).

Gamayanti telah menyarankan setiap orang untuk dapat membiasakan diri belajar dan bekerja dari rumah, memanfaatkan teknologi dengan lebih baik, dan mencari aktivitas selingan yang menyenangkan untuk menghilangkan stres. Saat sudah mengganggu aktivitas, segera cari pertolongan dengan berkonsultasi ke psikolog.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Sebuah restoran cepat saji yang memiliki menu andalan burger hingga kini terus berusaha mencari inovasi menu baru yang membuat menarik perhatian para pelanggan. Melansir Liputan6.com, Burger King Jepang akan meluncurkan 'burger palsu'....
  • HOT !
    Pada awalnya, gejala COVID 19 hanya seperti demam, flu, batuk hingga sesak napas. Seiring berjalannya waktu semakin banyak ditemukan gejala gejala baru dari COVID 19, mulai dari hilangnya indra penciuman dan indra perasa....
  • HOT !
    Singapore Airlines memiliki penerbangan terpanjang di dunia, yaitu rute dari Singapura yang langsung mendarat di New York, dengan jarak 9.536,5 mil ditempuh dalam waktu 18 jam non stop....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : omovey
Cast : Lee Jonghyun, Nindy, Rania (all fictive)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)