home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Kenali Manfaat Makan Rumput Laut yang Belum Diketahui

Kamis, 15 Oktober 2020 18:45 by SartikaF | 531 hits
Yuk Kenali Manfaat Makan Rumput Laut yang Belum Diketahui
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Rumput laut merupakan santapan yang sudah tidak asing lagi bagi warga Asia, terutama di Jepang dan Korea. Bahkan warga Indonesia pun juga sudah sangat kenal dengan makanan rumput laut ini.

Faktanya. rumput laut memiliki ragam dan  jenis yang berbeda-beda, ada lebih dari 10.000 spesies, namun hanya sedikit yang bisa dikonsumsi. Ada yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.

Beberapa diantaranya rumput laut yang paling umum dan bisa dikonsumsi adalah yang berjenis selada laut, kelp, arame, wakame, dan nori yang sudah wajib digunakan untuk membungkus sushi. Selain enak, rumput laut juga memiliki kandungan gizi yang melimpah.

Secara keseluruhan semua jenis rumput laut memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin A, B, C, E dan zat besi serta yodium. Serta kaya akan protein, serat, karbohidrat, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Hal paling penting yang perlu diketahui, rumput laut merupakan sumber antioksidan, mampu melawan radikal bebas, dan dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Melansir Kompas, Dr. Ahli Gizi Jo Lewin mengatakan, "Jika kita ingin bukti manfaat dari rumput laut, kita hanya perlu melihat orang-orang jepang. Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di dunia."

"Warga di sana memiliki kebiasaan diet yang menonjol, dan memahami pentingnya mengonsumsi rumput laut secara teratur," tulis Lewin untuk BBC Good Food.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Akhir akhir ini game Among Us menjadi primadona bagi kaum milenial. Begitu populernya game ini, ada saja orang yang kreatif membuat boba berbentuk karakter Among Us. Unik ya, Dreamers....
  • HOT !
    Tteokbokki atau topokki adalah makanan ringan asal Korea Selatan, yang terbuat dari tepung beras dan saus cabai merah. Jajanan yang sudah mendunia ini ternyata menjadi makanan No. 1 rakyat Korea Selatan selama pandemi Covid 19....
  • HOT !
    Seiring berkembangnya penelitian, Dr Robert Redfield dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengumumkan adanya perubahan jarak aman untuk kontak dekat dengan orang yang terinfeksi Covid 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : omovey
Cast : Lee Jonghyun, Nindy, Rania (all fictive)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)