home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Chia Seed Dikenal Menyehatkan Punya 5 Ancaman Efek Samping Lho

Kamis, 15 Oktober 2020 16:15 by SartikaF | 1826 hits
Chia Seed Dikenal Menyehatkan Punya 5 Ancaman Efek Samping Lho
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Hampir sebagian orang sangat senang bila membuat smoothie, puding, atau salad dicampur dengan chia seeds. Walaupun menyehatkan, namun berdasarkan penelitian, chia seeds juga punya efek samping.

Melansir Kompas, sumber ahli gizi nutrisi Erica Zellner mengatakan, bahwa chia seeds adalah sumber nutrisi yang sangat baik, karena termasuk biji-bijian yang mengandung serat, protein, kalsium, mangan, magnesium, fosfor, dan omega 3.

"Chia seeds juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh," kata Zellner seperti dikutip dari laman Bustle.

Memakan chia seeds dua sendok perhari atau lebih ternyata bisa menyebabkan efek samping. Berikut adalah penjelasan efek samping jika menyantap chia seeds terlalu banyak:

1. Masalah gastrointestinal

Chia seeds memang dikenal baik untuk sistem pencernaan karena mengandung banyak serat. Namun bila memakannya terlalu banyak, maka bisa menyebabkan sakit perut, kembung, diare, sembelit, atau gas.

2. Tekanan menjadi darah rendah

Omega 3 yang terdapat dalam chia seeds dapat menurunkan risiko terkena kanker atau masalah jantung tertentu. Tapi bagi orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, omega 3 justru menyebabkan jumlah darah berkurang, jika mengonsumsi chia seeds terlalu banyak. Bahkan mengakibatkan tekanan darah rendah.

Baca juga: Penderita Depresi Wajib Konsumsi 9 Jenis Makanan Ini

3. Efek terhadap gula darah

Kandungan serat yang terdapat dalam chia seeds bisa memperlambat pengenceran makan, dan penyerapan makronutrien termasuk gula (glukosa AKA). Hal ini bisa mendorong peningkatan dan penurunan gula darah jika dikonsumsi bersamaan dengan protein dan lemak lain.

Walaupun chia seeds baik pada orang yang sedang menjalani pengobatan gula darah, namun lebih baik konsultasi lebih dulu dengan dokter.

4. Chia seeds dapat memicu alergi

Untuk orang yang memiliki alergi terhadap mint, wijen, atau biji mustrard sebaiknya harus berhati-hati saat memakan chia seeds. Bisa saja memicu alergi yang bisa menyebabkan diare, gatal bibir atau lidah, maupun anafilaksis.

5. Efek kehamilan

Chia seeds sebenarnya aman dan dapat membantu ibu hamil, karena bisa meredakan sembelit. Tetapi jika ibu hamil sebelumnya tidak terbiasa mengonsumsi makanan berserat ini, maka bisa menimbulkan masalah baru. Sebab kehamilan membuat banyak perubahan di tubuh termasuk sistem pencernaan.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Sebuah restoran cepat saji yang memiliki menu andalan burger hingga kini terus berusaha mencari inovasi menu baru yang membuat menarik perhatian para pelanggan. Melansir Liputan6.com, Burger King Jepang akan meluncurkan 'burger palsu'....
  • HOT !
    Pada awalnya, gejala COVID 19 hanya seperti demam, flu, batuk hingga sesak napas. Seiring berjalannya waktu semakin banyak ditemukan gejala gejala baru dari COVID 19, mulai dari hilangnya indra penciuman dan indra perasa....
  • HOT !
    Singapore Airlines memiliki penerbangan terpanjang di dunia, yaitu rute dari Singapura yang langsung mendarat di New York, dengan jarak 9.536,5 mil ditempuh dalam waktu 18 jam non stop....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)