home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sutra vs Katun, Mana Paling Bagus Untuk Bahan Masker?

Jumat, 09 Oktober 2020 18:50 by Rie127 | 572 hits
Sutra vs Katun, Mana Paling Bagus Untuk Bahan Masker?
Image Source: Mukisi

DREAMERS.ID - Selama ini, katun dianggap menjadi bahan kain yang terbaik untuk membuat masker, terutama dalam perlindungan diri dari penularan COVID-19. Namun, penemuan terbaru menemukan, masker berbahan sutra ternyata lebih memberikan perlindungan yang efektif dibandingkan katun.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Cincinnati ini membandingkan efektivitas masker yang terbuat dari bahan katun, poliester, dan sutra 100 persen.

“Meski masker medis dan N95 tetap menjadi perlindungan terbaik, tapi masker berbahan sutra memiliki sifat yang membuatnya mampu menolak tetesan,” tulis para peneliti dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS One.

Para peneliti mengukur hidrofobisitas kain (yang menentukan seberapa kecil tetesan aerosol masuk dan keluar) serta daya tahan udara dari setiap masker. Mereka juga menguji bagaimana kain bekerja setelah beberapa kali mengalami proses pencucian.

Hasilnya, kain sutra mampu mengusir dan menahan penetrasi tetesan aerosol dengan baik. Mereka menemukan, bahwa kain sutra memiliki tingkat hidrofobisitas paling tinggi dibandingkan dengan katun dan poliester. Setelah dilakukan proses pencucian ulang, sutra juga tetap menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca juga: Pemberian masker Kepada Habib Rizieq Shihab Menimbulkan Pro dan Kontra

“Katun memerangkap kelembapan seperti spons. Tapi, sutra bisa bernapas dan lebih tipis hingga sangat cepat kering,” ujar salah satu peneliti Patrick Guerra, dikutip dari New York Post.

Kain sutra juga dikenal bersifat antimikroba. Dilansir dari situs Endocrine Web, keberadaan tembaga dalam kain sutra diduga menjadi salah satu faktor yang membuat kain dapat memiliki manfaat yang baik. Beberapa penelitian juga menemukan, bahwa tembaga dalam bentuk suplemen dapat menawarkan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif.

“Masker sutra adalah hal terbaik berikutnya setelah N95 dan masker bedah. Untuk meningkatkan perlindungan, masker dengan banyak lapisan dapat meningkatkan kemanjuran,” ujar ahli kesehatan masyarakat Waqas Ahmad dikutip dari CNN Indonesia.’

Ahmad menyebutkan, masker sutra tiga lapis dapat sangat efektif untuk menghentikan penyebaran virus dengan membentuk penghalang terhadap tetesan.

Sayangnya, harga bahan sutra cenderung lebih mahal dibandingkan bahan katun. Selain itu, sifatnya yang ringan juga membuat kain mudah tersedot ke mulut saat menarik napas.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....
  • HOT !
    Kendall Jenner mengubah rutinitas kecantikannya selama empat tahun terakhir, setelah sempat mengalami masalah jerawat. Sekarang, ia lebih memilih untuk merawat kulitnya dengan masker alami yang dibuat sendiri....
  • HOT !
    Sundae Gopchang Bokkeum adalah makanan khas dari Korea Selatan, yang memiliki arti Sundae (sosis darah) dan Gopchang (usus). Makanan ini terdengar ekstrem namun sudah menjadi makanan biasa bagi orang Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)