home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidur Lebih Cepat Dapat Atasi Diabetes Dibanding Larut Malam

Rabu, 07 Oktober 2020 18:10 by Rie127 | 668 hits
Tidur Lebih Cepat Dapat Atasi Diabetes Dibanding Larut Malam
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Seseorang yang sudah didiagnosa menderita diabetes memang harus lebih menjaga kesehatan tubuh. Selain menghindari gula yang berlebihan, penderita diabetes juga harus memiliki kualitas tidur yang baik.

Studi yang dilakukan oleh University of Leicester dan University of South Australia ini menemukan, pasien diabetes yang tidur lebih awal dapat memicu melakukan aktivitas fisik lebih baik, dibandingkan dengan pasien yang tidur larut malam.

Studi tersebut memeriksa 635 pasien dengan diabetes tipe 2. Para peneliti kemudian mengamati kebiasaan harian pada pasien seperti tidur, waktu istirahat, hingga aktivitas fisik yang dilakukan.

Dilansir dari BMJ Journals, peneliti menemukan sebanyak 25 persen pasien merupakan morning chronotypes (tidur awal dan bangun pagi), sedangkan 23 persen merupakan evening chronotypes (tidur larut dan bangun siang).

Selain itu, pasien dengan evening chronotypes memiliki waktu sedenter (tidak aktif secara fisik) lebih lama hingga 28,7 menit per hari dibandingkan dengan morning chronotypes.

“Riset kami menunjukkan, mereka yang senang begadang memiliki aktivitas fisik 56 persen lebih sedikit daripada yang bangun pagi,” ujar pemimpin studi Joseph Henson, dikutip dari News Medical.

Henson juga menambahkan, bahwa aktivitas fisik sangat penting untuk penderita diabetes. Aktivitas fisik dapat membantu seseorang mengontrol berat badan dan tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Akhir akhir ini game Among Us menjadi primadona bagi kaum milenial. Begitu populernya game ini, ada saja orang yang kreatif membuat boba berbentuk karakter Among Us. Unik ya, Dreamers....
  • HOT !
    Tteokbokki atau topokki adalah makanan ringan asal Korea Selatan, yang terbuat dari tepung beras dan saus cabai merah. Jajanan yang sudah mendunia ini ternyata menjadi makanan No. 1 rakyat Korea Selatan selama pandemi Covid 19....
  • HOT !
    Seiring berkembangnya penelitian, Dr Robert Redfield dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengumumkan adanya perubahan jarak aman untuk kontak dekat dengan orang yang terinfeksi Covid 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : omovey
Cast : Lee Jonghyun, Nindy, Rania (all fictive)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)