home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Perbedaan Nyeri Haid dan Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui!

Selasa, 06 Oktober 2020 18:15 by SartikaF | 629 hits
Kenali Perbedaan Nyeri Haid dan Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui!
Image source: Medmonks

DREAMERS.ID - Bagi setiap wanita, masa-masa menjelang haid selalu ditandai dengan mastalgia alias rasa nyeri yang muncul di bagian payudara. Namun kita tidak pernah tahu apakah itu nyeri biasa karena menstruasi atau tanda adanya masalah serius pada bagian payudara?

Dilansir dari laman Antara (6/10), Dokter Nadhira Afifa, alumni Universitas Harvard, mengatakan salah satu ciri kanker payudara yang bisa dideteksi lewat pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) adalah adanya benjolan.

"Benjolan ini biasanya tepinya tegas, berbentuk bulat dan keras, tidak bisa digeser-geser (immobile)," kata Nadhira di Wardah Beauty Fest, Minggu.

Menurutnya, benjolan yang bersifat kanker biasanya tidak akan terasa nyeri, namun bila terasa nyeri bisa jadi benjolan itu sebenarnya tumor jinak atau akibat dari infeksi, hal lain di luar kanker.

Baca juga: Sejarah Hari Tanpa Bra Setiap 13 Oktober dan Manfaatnya

Nadhira menyebutkan bahwa ciri lain dari kanker payudara adalah kulit yang mengerut seperti kulit jeruk, selain itu puting juga masuk ke dalam dan di sekitarnya mengerut. Kanker payudara juga biasanya mengeluarkan cairan yang berupa darah.

Sehingga penting bagi setiap perempuan untuk melakukan deteksi dini sendiri, gunanya agar bisa segera memeriksa apakah ada perubahan pada payudara yang harus ditangani oleh dokter. Hal penting yang harus diketahui, biasanya kasus kanker payudara sering terjadi pada perempuan yang usianya diatas 50 tahun, dan faktor genetika.

Penyakit kanker payudara ini juga pernah dialami oleh orang yang melahirkan pertama kali diatas 35 tahun, menopause diatas usia 52 tahun, serta menjalani gaya hidup tak sehat yang berakibat obesitas, merokok, dan jarang berolahraga.

Maka dari itu konsumsilah makanan yang sehat seperti buah, sayur, daging merah dan daging olahan agar menjadi upaya untuk mencegah risiko terkena kanker.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....
  • HOT !
    Kendall Jenner mengubah rutinitas kecantikannya selama empat tahun terakhir, setelah sempat mengalami masalah jerawat. Sekarang, ia lebih memilih untuk merawat kulitnya dengan masker alami yang dibuat sendiri....
  • HOT !
    Sundae Gopchang Bokkeum adalah makanan khas dari Korea Selatan, yang memiliki arti Sundae (sosis darah) dan Gopchang (usus). Makanan ini terdengar ekstrem namun sudah menjadi makanan biasa bagi orang Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)