home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada, Ini Tanda Jika Sistem Imun Tubuh Menurun

Selasa, 29 September 2020 16:10 by Rie127 | 2862 hits
Waspada, Ini Tanda Jika Sistem Imun Tubuh Menurun
Image Source: Merdeka

DREAMERS.ID - Menjaga imun tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan di tengah pandemi virus corona saat ini. Memiliki sistem imun tubuh yang kuat dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, infeksi, bahkan virus corona.

Sebaliknya, jika tubuh memiliki sistem imun yang lemah, maka tubuh dapat sering terserang penyakit karena tidak memiliki pertahanan yang kuat untuk melawan penyakit.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan gejala sistem imun tubuh menurun, sehingga kalian dapat mencegah dan menaikkan sistem imun tubuh agar tubuh memiliki pertahanan yang kuat.

1. Luka Sulit Sembuh

Dilansir dari Livestrong, Brian Chow selaku dokter penyakit infeksi di Tufts Medical Center menjelaskan, luka dapat memicu sistem imun bekerja. Saat sistem imun dalam kondisi prima, sel darah putih langsung membantu melawan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, sel darah merah akan membantu pembentukan jaringan baru.

Mekanisme ini dapat berlangsung dengan cepat, kecuali jika sistem imun tubuh melemah. Luka akan memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

2. Infeksi Sinus atau Telinga

Berdasarkan American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika seseorang mengalami lebih dari empat kali infeksi telinga atau tiga kali infeksi sinus dalam setahun berarti sistem imun tubuh sedang melemah atau rendah.

Tanda lain juga dapat dilihat jika mengalami infeksi pernapasan atau pneumonia, dan harus waspada jika mengalami dua kali pneumonia dalam setahun.

3. Sering Demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang cukup umum diderita oleh semua orang. Namun, jika keseringan mengalamin demam, ini dapat menjadi tanda sistem imun tubuh sedang melemah.

4. Sering Merasa Lelah

Melakukan aktivitas fisik yang berat atau padat, pastinya tubuh akan cepat merasa lelah. Namun, jika rasa lelah datang tanpa ada aktivitas berarti, bisa saja ini merupakan tanda penurunan sistem imun.

Karena itu, Brian Chow merekomendasikan untuk mengecek apakah kalian mengidap anemia, sleep apnea, masalah endokrin atau gangguan lain. Jika tidak, berarti sistem imun tubuh sedang bermasalah.

5. Masalah Pencernaan

Ahli kesehatan Kathryn Boling mengatakan, masalah pada pencernaan juga menjadi tanda sistem imun tubuh sedang menurun, dan tanda bahwa sedang mengalami stres berat.

“Dan kita tahu stres bisa membuat Anda lebih rentan terkena infeksi,” kata Boling.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Mengikuti tren olahraga bersepeda yang belakangan banyak digemari masyarakat dibanyak negara semenjak pandemi. Google memberikan pembaruan terhadap Google Maps yaitu menambahkan rute perjalanan khusus untuk pengendara sepeda pada aplikasi navigasi tersebut....
  • HOT !
    Setiap orang dewasa pada umumnya butuh waktu tidur 7 9 jam. Rupanya, tidak semua orang dewasa di dunia menghabiskan waktu tidur selama itu. Di beberapa negara memiliki rata rata jam tidur yang berbeda, dengan alasan tersendiri....
  • HOT !
    Selama pandemi, aspek pariwisata salah satu yang paling terkena dampaknya. Alhasil, banyak pesawat terbengkalai dan 'nganggur' di bandara. Ide bagus diterapkan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines yang menawarkan paket berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)