home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Manfaat Kalung Pembersih Udara yang Dipakai Menteri Airlangga Hartanto, Benar Efektif?

Selasa, 29 September 2020 15:10 by Rie127 | 640 hits
Manfaat Kalung Pembersih Udara yang Dipakai Menteri Airlangga Hartanto, Benar Efektif?
Image Source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa waktu belakangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menarik perhatian publik dengan kalung yang dipakai saat melakukan rapat di Bintan, Kepulauan Riau.

Kalung tersebut diketahui bernama personal air purifier keluaran dari merk Wein, yang ternyata memiliki beberapa manfaat untuk melindungi diri dari partikel-partikel beracun di udara.

“Sistem pemurnian udara ini menggunakan fitur pemurni udara ionik tanpa filter dan unggul dalam membersihkan udara dari partikel yang mungkin terlewatkan oleh filter udara seperti asap, bakteri, virus, dan bau,” tulis Wein dalam laman resminya.

Sergey Grinshpun, seorang ilmuwan dari Cincinnati Environmental Health Foundation yang ada di balik perangkat ini, telah membuktikan dalam sebuah studi aerosol mengenai efektivitas perangkat ionik untuk menurunkan konsentrasi virus di udara.

Studi yang dilakukan selama lima tahun ini membuktikan bahwa perangkat ionik secara substansial menurunkan konsentrasi partikel-partikel beracun di udara sebelum dihirup. Dengan demikian, fitur pemurni udara ionik ini dapat menurunkan risiko buruk kesehatan termasuk infeksi.

Baca juga: Bahayanya Jika Masker Bedah Dipakai Ulang

Dalam penelitiannya, Ghrinspin menemukan bahwa masker yang dilengkapi dengan ionizer memiliki tingkat perlindungan yang sangat tinggi terhadap patogen di udara, termasuk virus corona yang bersifat aerosol.

Muatan elektrostatis yang dihasilkan dari perangkat tersebut dapat meningkatkan kemampuan filter udara untuk menangkap virus dan bakteri yang bersifat aerosol sebelum terhirup oleh hidung.

Dalam beberapa waktu ke belakangan ini, penggunaan air purifier memang meningkat seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara. Dilansir dari Healthline, pembersih udara pada dasarnya bekerja dengan membersihkan udara dari partikel-partikel polutan.

Partikel-partikel itu dapat dihilangkan melalui pembersih udara tergantung pada jenis yang digunakan. Pilihan terbaik adalah pembersih udara yang menggunakan pemancar ion negatif, yang membantu menarik partikel untuk kemudian dinetralkan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)