home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?

Rabu, 23 September 2020 16:10 by Rie127 | 592 hits
Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?
Image Source: USC News

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, sebuah percakapan antara pasien positif COVID-19 menjadi viral di media sosial. Dalam hasil screenshoot tersebut, salah satu pasien mengajak pasien lainnya untuk tidak melakukan isolasi dan bepergian tanpa mematuhi protokol kesehatan dengan tujuan menularkan virus pada orang lain.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang psikolog bernama Mira Amir mengatakan bahwa fenomena tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi pada pasien di Semarang. Pada pertengahan Mei 2020 lalu, seorang pasien di Tasikmalaya yang dijemput petugas mengamuk dan memeluk setiap warga yang menontonnya dengan motif yang sama.

Pada kasus di Semarang, Mira menduga pasien yang bersangkutan mengalami stres, rasa takut berlebih, dan sedih dalam waktu yang lama. Terlebih, sang ayah juga diketahui meninggal karena COVID-19

“Stres lama dan signifikan buat dia (pasien COVID-19 di Semarang) sampai di satu titik emosinya yang paling kuat sehingga tidak mampu berpikir secara rasional,” kata Mira dikutip dari CNNIndonesia.com.

Baca juga: Khloe Kardashian Positif Covid-19

Mira juga melanjutkan bahwa emosi yang meningkat membuat orang sulit untuk berpikir secara logis. Akibatnya, keputusan yang diambil menjadi tidak tepat dan tidak berjalan dengan baik.

Belum lagi, hingga saat ini vaksin dan obat masih belum ditemukan. Kondisi sedemikian rupa membuat pasien sulit membayangkan kesembuhan dan merasa semakin jauh dengan kata sembuh.

“Support system yang baik sebenarnya bisa meringankan (stres). Interaksi antarmanusia membantu produksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang dan imunitas baik,” kata Mira.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Mengikuti tren olahraga bersepeda yang belakangan banyak digemari masyarakat dibanyak negara semenjak pandemi. Google memberikan pembaruan terhadap Google Maps yaitu menambahkan rute perjalanan khusus untuk pengendara sepeda pada aplikasi navigasi tersebut....
  • HOT !
    Setiap orang dewasa pada umumnya butuh waktu tidur 7 9 jam. Rupanya, tidak semua orang dewasa di dunia menghabiskan waktu tidur selama itu. Di beberapa negara memiliki rata rata jam tidur yang berbeda, dengan alasan tersendiri....
  • HOT !
    Selama pandemi, aspek pariwisata salah satu yang paling terkena dampaknya. Alhasil, banyak pesawat terbengkalai dan 'nganggur' di bandara. Ide bagus diterapkan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines yang menawarkan paket berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)