home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurang Tidur 15 Menit Saja Bisa Picu Kenaikkan Berat Badan

Senin, 21 September 2020 19:00 by bonita99 | 739 hits
Kurang Tidur 15 Menit Saja Bisa Picu Kenaikkan Berat Badan
Image source:

DREAMERS.ID - Tidur cukup di malam hari setelah beraktivitas penuh akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Rata-rata orang dewasa butuh tidur sekitar 7-9 jam di malam hari, jika tubuh kekurangan waktu tidur akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak fit atau terganggu.

Melansir Kompas.com, kurang tidur selama 15 menit saja bisa berdampak bagi kondisi tubuh setiap orang. Salah satunya dalam studi terbaru JAMA Internal Medicine, ditemukan jika kurang tidur selama 15 menit bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Data diambil dari penggunaan aplikasi pelacak tidur pada 120.000 peserta yang terhubung ke ponsel pintar, jam tangan, dan alat pelacak kebugaran (fitness tracker). Hasilnya orang dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 memiliki kekurangan waktu tidur 15 menit dibandingkan mereka yang memiliki BMI lebih sehat.

Baca juga: Waspada Kematian Dini Akibat Tidur Kurang Dari 8 Jam

Dalam pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan indeks massa tubuh di atas 30 dikategorikan obesitas. Dalam studi sebelumnya, menurut laporan USA Today tahun 2014, kurang istirahat dapat memicu peningkatan kadar hormon rasa lapar (ghrelin), serta penurunan hormon rasa kenyang atau leptin.

Untuk mengatasinya, para ahli menyarankan untuk mengatur jadwal waktu tidur, menghindari kafein di sore hari, membiasakan diri terpapar cahaya alami, dan menambahkan 30 menit olahraga ke dalam rutinitas harian kita.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Apakah anda salah satu penggemar kopi? Kopi merupakan jenis minuman yang disukai hampir semua kalangan, mulai dari usia remaja, dewasa, hingga orang tua di seluruh penjuru dunia menikmatinya....
  • HOT !
    Pandemi COVID 19 yang melanda banyak negara di dunia ini berdampak bagi seluruh kehidupan masyarakat, khususnya bidang pariwisata yang menjadi lumpuh. Namun ada kabar baik dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang sudah tidak sabar liburan....
  • HOT !
    Perhiasan berlian tak hanya bisa dipakai di tangan hingga leher saja. Kini, berlian bisa kamu pakai bersamaan dengan pakaian dalam. Perusahaan perhiasan Passion Prive yang bekerjasama dengan Wacoal, merilis pakaian dalam yaitu bra korset premium bertabur berlian....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)