home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Jenis Diet Populer yang Efektif Turunkan Berat Badan

Senin, 21 September 2020 17:51 by bonita99 | 1781 hits
5 Jenis Diet Populer yang Efektif Turunkan Berat Badan
Image source: fimela.com

DREAMERS.ID - Banyak orang ingin memiliki berat badan ideal dengan melakukan berbagai cara salah satunya dengan diet, yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan efektif. Kian hari semakin banyak jenis variasi diet yang membuat orang harus memilih dengan benar agar memberi hasil yang diinginkan.

Penting untuk memilih jenis diet dengan memperhatikan pilihan makanan yang baik untuk kondisi kesehatan, agar nantinya tidak memberikan efek buruk bagi tubuh. Melansir CNN Indonesia, berikut ini jenis diet yang aman, efektif menurunkan berat badan, dan melindungi dari penyakit.

1. Diet Mediterania

Diet mediteranian atau mediterranean diet menduduki peringkat pertama jenis diet terbaik dalam U.S. News yang dilakukan oleh para pakar kesehatan. Diet ini efektif menurunkan dan menjaga kestabilan berat badan. Dalam diet ini yang perlu dihindari adalah gula, garam, daging merah, minyak olahan, dan junk food.

Kunci diet mediteranian dengan mengonsumsi ikan dan seafood, sayuran, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, keju feta, roti berbahan dasar gandum, greek yoghurt, cokelat hitam, serta minyak zaitun. Untuk daging ayam dan unggas bisa dimakan sesekali dan banyak minum air putih.

2. Diet Vegan

Diet vegan yaitu tidak mengonsumsi daging (termasuk unggas dan ikan), telur dan produk susu. Diet ini bisa mengurangi jumlah lebih lemak jenuh, kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Namun jika melakukan diet vegan tidak tepat, bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh hingga malnutrisi.

Risiko nutrisi yang berkurang saat menjalani diet vegan adalah vitamin B12, vitamin D, yodium, zat besi, kalsium, seng, dan asam lemak omega-3. Jika kekurangan nutrisi tubuh dapat lelah, untuk itu bisa mengganti asupan nutrisi seperti kacang, susu almond, tempe, tahu, dan nasi.

3. Paleo Diet

Paleo Diet atau diet manusia gua ini berdasarkan konsep pola makan alami yang dilakukan nenek moyang saat masa berburu dan meramu. Dengan mengonsumsi makanan utuh dan alami, akan memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk menurunkan berat badan.

Diet ini menghindari gula rafinasi, produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan tentunya segala makanan yang melewati proses pengolahan yang panjang. Sebab mereka percaya bahwa orang jatuh sakit akibat gaya hidup modern dan makanan olahan.

4. Diet Keto

Pelaku diet keto banyak mengonsumsi lemak dan protein dan mengurangi karbohidrat. Tujuan diet keto agar kondisi tubuh seseorang menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang berasal dari alpukat, kelapa, kacang-kacangan, telur, keju, susu, yoghurt, biji-bijian, minyak ikan, dan minyak zaitun.

Untuk sayuran yang dihindari seperti wortel dan kentang karena mengandung tinggi pati. Ada beberapa versi dari diet ketogenik, di antaranya diet ketogenik standar (SKD) yang sangat rendah karbohidrat, berprotein sedang, dan tinggi lemak.

Diet ketogenik siklis (CKD) yaitu melibatkan konsumsi karbohidrat tinggi, seperti 5 hari diet konsumsi lemak, lalu 2 hari konsumsi tinggi karbohidrat. Terakhir, diet ketogenik protein tinggi atau diet ketogenik yang berlaku secara umum, tetapi tetap harus konsumsi lebih banyak protein.

5. Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat cukup populer untuk membantu menurunkan berat badan. Diet rendah karbohidrat ini bukan berarti memutus karbohidrat, tapi cukup dibatasi karena keberadaannya sangat penting sebagai sumber energi utama.

Asupan energi berasal dari jus buah dan smoothie, sayuran hijau, telur, buah-buahan, ikan dan seafood, atau daging tanpa lemak. Hasil diet rendah karbohidrat efektif memangkas lemak di tubuh serta menekan nafsu makan.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)