home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berdampak ke Kesehatan Mental, Jangan Berlebihan Meeting Online

Jumat, 18 September 2020 19:08 by bonita99 | 1578 hits
Berdampak ke Kesehatan Mental, Jangan Berlebihan Meeting Online
Image source: klik dokter

DREAMERS.ID - Di masa pandemi COVID-19 ini, disarankan untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Seperti halnya mengadakan meeting pun juga dilakukan dari rumah secara online lewat aplikasi video conference baik lewat HP ataupun laptop.

Saat sedang meeting online tentunya yang menjadi pusat perhatian adalah wajah yang berada di layar. Banyak yang merasa tidak nyaman melihat wajahnya di layar, bahkan melakukan meeting online ini secara tak langsung bisa memengaruhi cara seseorang melihat dan mengkritik diri sendiri.

Melansir CNN Indonesia, meeting online dengan video bisa berdampak bagi kesehatan mental dan citra tubuh seseorang ketika digunakan secara berlebihan.

"Sungguh melelahkan untuk merasa seperti kita harus berusaha lebih keras untuk hadir secara mental dalam pertemuan di mana kita tidak secara fisik tidak melakukannya. Rapat yang diadakan secara online meningkatkan beban kognitif karena menuntut banyak kapasitas dan upaya sadar," kata Dr Martina Paglia, psikolog di The International Psychology Clinic.

Dalam meeting online, kita harus menjaga momentum agar dapat berjalan baik tanpa ada gangguan ataupun kegagalan teknologi yang membuat energi semakin terkuras.

"Pertemuan tatap muka adalah mekanisme penting untuk komunikasi dan menjaga lingkungan yang sehat. Ini cara yang bagus untuk memperkenalkan perasaan, emosi, sikap, gerak tubuh, dan postur kita secara non-verbal. Namun pada rapat virtual, kami perlu melakukan lebih banyak upaya untuk tetap aktif," kata Dr. Martina.

Jika mengalami hal ini dan dibiarkan, maka penggunaan media sosial dan platform konferensi yang berlebihan dapat merusak tingkat produktivitas, kehilangan fokus, dan menurunkan mood.

Dalam studi menunjukkan hubungan antara penggunaan media sosial dengan perasaan depresi dan kesepian. Hasilnya, bahwa penggunaan platform sosial yang lebih sedikit dapat sangat meningkatkan harga diri dan kesejahteraan seseorang.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)