home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Kata Ahli Soal Masker Scuba dan Buff Tak Efektif Cegah COVID-19

Kamis, 17 September 2020 18:10 by Rie127 | 1134 hits
Ini Kata Ahli Soal Masker Scuba dan Buff Tak Efektif Cegah COVID-19
Image Source: Tempo

DREAMERS.ID - Beberapa hari belakangan ini penggunaan masker berjenis buff dan scuba sudah dilarang, salah satunya adalah PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang melarang penumpang untuk memakai masker berjenis buff dan scuba.

Hal ini dikarenakan, masker berjenus buff dan scuba dinilai tidak dapat mencegah penularan virus corona. Erlang Samoedro selaku dokter spesialis paru juga menyarankan untuk menggunakan masker kain tiga lapis.

“Tidak disarankan (menggunakan masker) scuba. Itu pori-porinya besar, proteksi kecil hanya 0-5 persen, cuma satu lapis,” katanya dikutip dari CNN Indonesia.

Sejak Senin (14/09), pemerintah DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Masyarakat dianjurkan untuk tidak keluar rumah, kecuali untuk kepentingan yang mendesak.

Baca juga: Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyimpan Masker

Kalaupun harus keluar rumah, masyarakat disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, atau menggunakan hand sanitizer.

Para ahli tidak menyarakan masyarakat untuk menggunakan masker buff dan scuba sebagai alat pelindung diri. Hal ini dikarenakan masker jenis buff dan scuba hanya memiliki efektivitas mencegah penyebaran virus COVID-19 sebesar 0-5 persen.

Dibandingkan dengan menggunakan masker scuba dan buff, masyarakat disarankan untuk menggunakan masker kain tiga lapis yang memiliki efektivitas pencegahan virus COVID-19 sebanyak 50-70 persen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Mengikuti tren olahraga bersepeda yang belakangan banyak digemari masyarakat dibanyak negara semenjak pandemi. Google memberikan pembaruan terhadap Google Maps yaitu menambahkan rute perjalanan khusus untuk pengendara sepeda pada aplikasi navigasi tersebut....
  • HOT !
    Setiap orang dewasa pada umumnya butuh waktu tidur 7 9 jam. Rupanya, tidak semua orang dewasa di dunia menghabiskan waktu tidur selama itu. Di beberapa negara memiliki rata rata jam tidur yang berbeda, dengan alasan tersendiri....
  • HOT !
    Selama pandemi, aspek pariwisata salah satu yang paling terkena dampaknya. Alhasil, banyak pesawat terbengkalai dan 'nganggur' di bandara. Ide bagus diterapkan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines yang menawarkan paket berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)