home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokter Spesialis Paru Nyatakan Oksimeter Bukan Untuk Orang Sehat

Rabu, 16 September 2020 23:00 by Rie127 | 759 hits
Dokter Spesialis Paru Nyatakan Oksimeter Bukan Untuk Orang Sehat
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa waktu belakangan, Happy hypoxia pada pasien COVID-19 ramai dibicarakan sehingga membuat banyak orang membeli pulse oximeter. Namun, dokter spesialis paru Erlina Burhan menyatakan pulse oximeter bukan untuk orang sehat sehingga tidak wajib untuk memilikinya.

“Jangan sampai salah. Pulse oximeter bukan untuk orang sehat atau orang tanpa gejala (OTG) Covid-19,” kata Erlina dalam talkshow virtual BNPB, dikutip dari CNN Indonesia.

Erlina juga menjelaskan bahwa happy hypoxia kemungkinan akan terjadi pada pasien COVID-19 yang bergejala, bukan pada orang tanpa gejala.

“Happy hypoxia tidak terjadi pada orang tanpa gejala. Jadi hanya pada yang bergejala dan tidak juga terjadi pada semua yang bergejala,” kata Erlina.

Pada pasien yang tidak memiliki gejala atau asimptomatis mengalami happy hypoxia, maka berpotensi menyebabkan kematian mendadak. Jika saturasi oksigennya berat maka pasien hanya punya waktu 10 menit untuk bertahan hidup jika tidak ditopang oleh ventilator.

Pada pasien yang memiliki gejala, happy hypoxia terjadi karena salah satu saraf yang mengirimkan pesan ke otak mengenai turunnya kadar oksigen di dalam darah mengalami kerusakan. Sehingga otak tidak dapat mengetahui kondisi oksigen di dalam tubuh.

“Otak tidak mengenali adanya kekurangan oksigen dalam darah. Biasanya ada sinyal dari otak untuk mempercepat pengambilan oksigen sehingga menjadi sesak. Tapi, pada Covid-19 ini tidak terjadi,” tutur Erlina.

Erlina kemudian melanjutkan, “Kalau sudah lemas segera bawa ke rumah sakit karena obatnya cuma satu yaitu oksigen.”

Pulse oximeter sendiri merupakan alat yang digunakan di ujung jari untuk mengukur saturasi oksigen di dalam darah. Alat ini dapat digunakan untuk mengecek kondisi happy hypoxia yaitu keadaan berkurangnya oksigen di dalam darah tanpa menimbulkan gejala sesak.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)