home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokter Spesialis Paru Nyatakan Oksimeter Bukan Untuk Orang Sehat

Rabu, 16 September 2020 23:00 by Rie127 | 338 hits
Dokter Spesialis Paru Nyatakan Oksimeter Bukan Untuk Orang Sehat
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa waktu belakangan, Happy hypoxia pada pasien COVID-19 ramai dibicarakan sehingga membuat banyak orang membeli pulse oximeter. Namun, dokter spesialis paru Erlina Burhan menyatakan pulse oximeter bukan untuk orang sehat sehingga tidak wajib untuk memilikinya.

“Jangan sampai salah. Pulse oximeter bukan untuk orang sehat atau orang tanpa gejala (OTG) Covid-19,” kata Erlina dalam talkshow virtual BNPB, dikutip dari CNN Indonesia.

Erlina juga menjelaskan bahwa happy hypoxia kemungkinan akan terjadi pada pasien COVID-19 yang bergejala, bukan pada orang tanpa gejala.

“Happy hypoxia tidak terjadi pada orang tanpa gejala. Jadi hanya pada yang bergejala dan tidak juga terjadi pada semua yang bergejala,” kata Erlina.

Pada pasien yang tidak memiliki gejala atau asimptomatis mengalami happy hypoxia, maka berpotensi menyebabkan kematian mendadak. Jika saturasi oksigennya berat maka pasien hanya punya waktu 10 menit untuk bertahan hidup jika tidak ditopang oleh ventilator.

Pada pasien yang memiliki gejala, happy hypoxia terjadi karena salah satu saraf yang mengirimkan pesan ke otak mengenai turunnya kadar oksigen di dalam darah mengalami kerusakan. Sehingga otak tidak dapat mengetahui kondisi oksigen di dalam tubuh.

“Otak tidak mengenali adanya kekurangan oksigen dalam darah. Biasanya ada sinyal dari otak untuk mempercepat pengambilan oksigen sehingga menjadi sesak. Tapi, pada Covid-19 ini tidak terjadi,” tutur Erlina.

Erlina kemudian melanjutkan, “Kalau sudah lemas segera bawa ke rumah sakit karena obatnya cuma satu yaitu oksigen.”

Pulse oximeter sendiri merupakan alat yang digunakan di ujung jari untuk mengukur saturasi oksigen di dalam darah. Alat ini dapat digunakan untuk mengecek kondisi happy hypoxia yaitu keadaan berkurangnya oksigen di dalam darah tanpa menimbulkan gejala sesak.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Tren tie dye kembali populer sejak pandemi COVID 19 ini, di mana banyak yang mencoba membuat baju dengan motif tie dye sendiri di rumah. Sederat idola K Pop ini juga kedapatan memakai outfit tie dye dengan padu padan yang menarik....
  • HOT !
    Di masa pandemi ini sebelumnya telah ada face shield sebagai tambahan dalam perlindungan wajah dari virus corona serta mencegah agar terhindar dari droplet. Sekarang ada inovasi baru yaitu Cake Shield, di mana untuk melindungi kue ulang tahun dari droplet saat tiup lilin....
  • HOT !
    Setelah lama dinantikan, mobile game BTS Universe Story akhirnya akan resmi dirilis pada 24 September mendatang. Fans yang tidak ingin ketinggalan untuk memainkan game ini sudah bisa melakukan pre register melalui toko aplikasi App Store dan Google Play Store....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)