home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Sering Dibilang Sama

Rabu, 16 September 2020 15:03 by bonita99 | 675 hits
Inilah Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Sering Dibilang Sama
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Ramen dan Ramyeon merupakan makanan yang populer. Banyak yang mengira kalau dua hidangan ini sama, mungkin sekilas memang terlihat dari penampilan yang sekilas mirip namun nyatanya ini berbeda.

Ramen berasal dari Jepang sedangkan ramyeon dari Korea. Dua makanan populer berbahan dasar mie ini yang sering muncul di drama Korea maupun drama Jepang. Meskipun ramen dan ramyeon sama-sama disajikan dengan hangat dalam mangkuk berisi kuah dan topping lezat.

Jika diteliti lagi, ada lima perbedaan yang signifikan dari ramen dan ramyeon. Melansir laman detik, simak ulasannya berikut ini.

1. Ramen Jepang

Ramen adalah makanan khas Jepang bergaya China menggunakan mie gandum sebagai bahan utama. Kuahnya gurih terbuat dari kaldu ikan, kaldu ayam, daging sapi ataupun babi. Pilihan topping mulai dari irisan daging babi, daging ayam, olahan rebung, hingga telur setengah matang.

2. Ramyeon/Ramyun Korea

Ramyeon identik dengan hidangan mie instan yang direbus dalam panci kuning khas Korea Selatan. Topping ramyeon dilengkapi dengan irisan daging babi atau ayam. Dapat juga menambahkan saus gochujang, dan disajikan bersama kimchi.

3. Kaldu Ramen dan Ramyeon

Ramen memiliki banyak varian kuah kaldu yaitu kuah kaldu shio yang asin gurih, kaldu miso yang gurih manis, dan kaldu kari Jepang bertekstur kental. Ramen ini dibuat secara alami dengan proses pemasakan yang lama dan perlahan.

Sedangkan ramyeon hanya menggunakan bumbu instan. Biasa ditambah wijen dan nori untuk menambah rasa gurih. Kuah ramyeon cenderung pedas dan kental.

4. Jenis mie

Untuk mie ramen cenderung berbentuk kecil dan tipis, ada dua warna yaitu putih dan kekuningan. Sementara mie ramyeon menggunakan mie kering umumnya mie kuning keriting yang agak tebal.

5. Penyajian

Untuk ramyeon bisa disantap di kedai atau toserba maupun di rumah. Sedangkan ramen umumnya hanya bisa dinikmati dengan datang langsung ke kedainya. Ramen juga direkomendasikan untuk tidak dibungkus.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini kue odading Mang Oleh menjadi viral di media sosial setelah unggahan video dalam akun media sosial Ade Londok, di mana Ade mempromosikan kue jualannya dalam bahasa Sunda dengan nada bicara yang lantang dan lucu....
  • HOT !
    Starfield Library merupakan perpustakaan besar dan populer karena berada di tengah pusat perbelanjaan COEX Mall. Selalu ramai akan pengunjung yang datang untuk sekedar membaca atau berfoto sebab tempatnya sangat Instagram able....
  • HOT !
    Selain luwak yang menghasilkan kopi terbaik, kini gajah juga menghasilkan kopi yang mahal dan langka. Karena kotoran gajah digunakan untuk membuat merek minuman hibrida teh kopi yang langka yaitu Black Ivory Coffee....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)