home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berapa Jumlah Vitamin C yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Tubuh?

Senin, 14 September 2020 19:50 by Rie127 | 655 hits
Berapa Jumlah Vitamin C yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Tubuh?
Image Source: Healthline

DREAMERS.ID - Di masa pandemi virus corona, menjaga imun tubuh sangatlah penting untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk melindungi tubuh dari virus COVID-19 yang masih belum mereda.

Seperti yang diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Maka dari itu, dilansir dari Mayo Clinic, Ahli gizi bernama Katherine Zeratsky menyarankan agar seseorang perlu menambahkan asupan vitamin C melalui makanan seperti jeruk, stroberi, paprika merah, dan brokoli.

Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dari berbagai suplemen tubuh. Namun, kandungan vitamin C dalam suplemen disebut tidak terlalu menggiurkan. Suplemen yang beredar umumnya menawarkan kandungan vitamin C sebanyak 500-1.000 miligram. Namun, berapakah jumlah vitamin C yang diperlukan oleh tubuh?

Dilansir dari Healthline, Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Berikut asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

- Anak- anak (1-3 tahun): 15 miligram

- Anak-anak (4-8 tahun): 25 miligram

- Remaja (9-13 tahun): 45 miligram

- Remaja akhir (14-18 tahun) 65-75 miligram

- Perempuan dewasa (19 tahun ke atas): 75 miligram

- Laki-laki dewasa (19 tahun ke atas): 90 miligram

- Ibu hamil: 85 miligram

- Ibu menyusui: 120 miligram

Zeratsky mengatakan, orang dewasa maksimal mengonsumsi vitamin C hingga 2.000 miligram dalam sehari. Namun, konsumsi vitamin C berlebih tidak akan memberikan efek samping serius yang perlu dikhawatirkan.

“Konsumsi suplemen dengan dosis berlebih bisa mengakibatkan diare, muntah, mual, heartburn, kram perut, sakit kepala, dan insomnia,” jelas Zeratsky.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Diketahui pada Senin (28/9/2020), kemarin enam anggota tim Persebaya Surabaya dinyatakan positif Covid 19 dengan kondisi tanpa gejala. Jadwal penyelenggaraan Liga 1 juga resmi ditunda oleh PSSI mengingat penyebaran virus corona yang masih aktif....
  • HOT !
    Penyebaran COVID 19 bukan hanya dari cipratan droplet atau udara saja, tetapi penyebaran juga berasal dari permukaan benda benda yang sering disentuh dengan tangan manusia dalam kesehariannya....
  • HOT !
    Celana jeans memang salah satu fashion item yang hampir dipakai semua orang. Celana simple dan nyaman yang dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis atasan membuat tampilan menjadi stylish....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)