home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hari Cegah Bunuh Diri: Kenali Tanda dan Ikuti Langkah Cegah Orang Sekitar Bunuh Diri

Jumat, 11 September 2020 13:15 by bonita99 | 643 hits
Hari Cegah Bunuh Diri: Kenali Tanda dan Ikuti Langkah Cegah Orang Sekitar Bunuh Diri
Image source: deherba.com

DREAMERS.ID - Pada 10 September, dunia baru saja memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran di antara orang-orang dalam mengambil tindakan dan membantu mencegah kasus bunuh diri.

WHO mengungkapkan bahwa setiap 40 detik ada satu orang meninggal akibat bunuh diri. Maka setiap orang dihimbau untuk peduli dengan orang di sekitarnya. Jika melihat tanda umum seseorang yang ingin mencoba bunuh diri, kamu bisa membantu mencegahnya.

Melansir CNN Indonesia, ada beberapa tanda yang umumnya diperlihatkan seseorang saat terlintas pikiran tentang bunuh diri.

1. Berbicara tentang bunuh diri seperti membuat pernyataan 'Seandainya aku meninggal dunia' atau 'Seandainya aku tidak dilahirkan'.

2. Menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri.

3. Merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

4. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

5. Pola makan dan tidur yang berubah.

6. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri.

Jika melihat tanda tersebut pada orang-orang di sekitar, segera lakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Jadi pendengar yang baik

Saat teman atau orang terdekat sedang menghadapi masalah, bantulah dengan mendengar semua cerita yang menjadi beban pikirannya. Jangan memberi komentar yang terkesan meremehkan. Berilah ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada mereka telah percaya untuk berbagi cerita kepada kamu.

2. Bertanya soal keinginan bunuh dirinya

Mungkin terkesan menakutkan tapi perlu dibahas jika mereka memperlihatkan tanda-tanda. Dengan cara itu, dapat memberikan mereka kesempatan untuk terbuka kepada kamu dan memungkinkan menerima pertolongan.

3. Sarankan mencari pertolongan profesional

Selain bercerita kepada kamu yang mungkin dapat meringankan beban mereka, tapi belum tentu itu bertahan lama, sarankan agar mereka mencari pertolongan professional seperti psikolog.

4. Jangan dibiarkan sendirian

Temani mereka jika memperlihatkan tanda-tanda darurat, jangan biarkan sendirian. Sebab jika berada seorang diri akan menjadi kesempatan mereka untuk melakukan percobaan bunuh diri.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)