home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Jadi Serum Anti-bisa Ular, Antibodi Kuda Akan Digunakan Sebagai Obat Corona?

Kamis, 10 September 2020 16:15 by Rie127 | 511 hits
Sempat Jadi Serum Anti-bisa Ular, Antibodi Kuda Akan Digunakan Sebagai Obat Corona?
Image Source: Suara

DREAMERS.ID - Sejak pandemi virus corona menyebar ke berbagai dunia, para ilmuwan masih terus mengusahakan vaksin dan obat untuk melumpuhkannya. Sebuah penelitian terbaru, sejumlah ilmuwan di Kosta Rika diketahui akan memulai uji coba pengobatan dengan menggunakan antibodi yang diambil dari kuda.

Antibodi kuda dianggap sebagai cara paling aman dan murah untuk mengatasi virus corona. Antibodi kuda sebelumnya juga telah digunakan untuk serum anti-bisa ular.

Para peneliti dari Clodomiro Picado Institute (ICP) Costa Rica University akan melakukan uji coba antibodi kuda terhadap 26 pasien positif COVID-19 pada pertengahan bulan September ini.

“Kami bangga mengetahui bahwa produk ini (antibodi kuda) akan menyelamatkan nyawa pasien hingga vaksin bisa benar-benar ditemukan. Antibodi kuda telah digunakan sebagai penangkal racun gigitan ular,” ujar koordinator proyek antibodi kuda dari ICP, Alberto Alape, dikutip Aljazeera.

Peneliti mengimpor protein virus dari Tiongkok dan Inggris. Mereka kemudian menyuntikkannya protein tersebut ke 6 dari 110 kuda yang digunakan ICP untuk melakukan pengujian.

Saat kuda mengembangkan antibodi yang cukup beberapa minggu kemudian, para peneliti akan mengekstraksi darah kuda. Peneliti kemudian menggunakan antibodi dari plasma sebagai bahan mentah untuk serum yang akan disuntikkan pada pasien.

Jika berhasil, para peneliti berencana untuk membagi obat corona yang terbuat dari antibodi kuda ini kepada negara-negara tetangganya di Amerika Latin.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)