home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perhatikan, Sering Warnai Rambut Tingkatkan Risiko Kanker

Rabu, 09 September 2020 12:15 by bonita99 | 608 hits
Perhatikan, Sering Warnai Rambut Tingkatkan Risiko Kanker
Image source: pinkage

DREAMERS.ID - Keluar dari zona nyaman dengan mengekspresikan diri untuk mencoba mewarnai rambut mungkin pilihan di antara kamu. Namun keseringan mengonta-ganti warna rambut tentu bisa berdampak bagi kesehatan rambut, seperti rambut rusak.

Selain itu yang terparah adalah dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kulit, dan ovarium. Risiko tersebut ditemukan di pewarna rambut berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Harvard University.

America Cancer Society menemukan hanya dua jenis pewarna yang dapat meningkatkan risiko kanker, yaitu pewarna semi permanen dan pewarna permanen yang bersifat oksidatif.

Melansir CNN Indonesia, dalam pengamatan selama 36 tahun, dari data 117.200 partisipan perempuan yang seringmewarnai rambut dan tidak memiliki riwayat kanker. Dari hasil yang didapat, ternyata penggunaan pewarna rambut dapat meningkatkan risiko karsinoma sel basal pada kulit.

Karsinoma sel basal merupakan salah satu jenis kanker kulit yang umumnya berkembang dibagian kulit yang sering terkena sinar matahari. Risiko lebih tinggi pada perempuan jika mewarnai rambut berwarna terang.

Peneliti juga menemukan risiko kanker limfoma Hodgkin akibat pewarnaan rambut pada perempuan dengan warna rambut gelap alami. Warna rambut gelap memungkinkan seseorang menggunakan konsentrasi pewarna yang lebih tinggi.

Bahan pewarna rambut yang berbahaya seperti amonia, peroksida, p-phenylenediamine, diaminobenzene, toluene-2, 5-diamine, dan resorsinol. Semua bahan kimia pada pewarna rambut dapat menyebabkan iritasi pada kulit, luka bakar kimiawi, rambut rontok, dan meningkatkan risiko kanker.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)