home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Walaupun #dirumahaja, Dokter Spesialis Kulit Sarankan Untuk Tetap Pakai Sunscreen

Selasa, 08 September 2020 17:15 by Rie127 | 619 hits
Walaupun #dirumahaja, Dokter Spesialis Kulit Sarankan Untuk Tetap Pakai Sunscreen
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, bukan berarti kalian lepas sepenuhnya dari perawatan kulit. Biasanya, orang-orang hanya memakai sunscreen ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Namun, saat berada di dalam ruangan kulit juga membutuhkan proteksi dari pantulan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Dokter spesialis kulit Inneke Jane, mengatakan bahwa berada di dalam ruangan bukan alasan untuk tidak memakai sunscreen. Jane juga merekomendasikan, untuk memakai sunscreen meskipun cuaca sedang mendung.

“Paparan sinar matahari berlebihan menyebabkan efek buruk,” kata Inneke dikutip dari Antara.

Tidak hanya di dalam rumah saja, namun sunscreen juga wajib dipakai saat keluar rumah dengan menggunakan kendaraan, seperti mobil. Hal ini dikarenakan, sinar matahari tetap dapat menembus ke dalam mobil sekalipun kaca jendela sudah tertutup.

Sinar radiasi ultra violet A (UVA) yang 95 persen berhasil menembus ke bumi bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit yang tidak terlindungi jika terpapar sinar matahari secara berlebihan. Sehingga dapat menimbulkan flek hitam dan keriput. Menurut Jane, ada perbedaan yang terlihat antara keriput yang disebabkan oleh paparan UVA dengan keriput alami akibat penuaan.

Baca juga: Disarankan Tetap Pakai Sunscreen Walau Cuaca Mendung dan Hujan

“Lekukan keriput (akibat sinar matahari) lebih dalam,” katanya.

Selain UVA, sinar matahari ultra violet B (UVB) juga dapat berdampak buruk kepada kulit yang terpapar terlalu lama. Tidak seperti UVA, hanya lima persen UVB yang sampai ke bumi, tapi efeknya sangat besar. Jane bahkan mengatakan bahwa UVB dapat menyebabkan kulit terbakar.

Untuk menjaga kulit tetap sehat di tengah pandemi virus corona, jangan lupa untuk mengoleskan ulang sunscreen setiap tiga hingga empat jam dalam sehari. Kandungan SPF 30 juga sudah dapat membantu kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

Namun, perlu ada takaran yang tepat agar sunscreen dapat bekerja secara optimal. Untuk wajah, aplikasikan sebanyak dua gram per sentimeter persegi, atau sekitar dua ruas jari tangan. Untuk seluruh tubuh, aplikasikan 30 cc atau sekitar dua sendok makan sunscreen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)