home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Walaupun #dirumahaja, Dokter Spesialis Kulit Sarankan Untuk Tetap Pakai Sunscreen

Selasa, 08 September 2020 17:15 by Rie127 | 736 hits
Walaupun #dirumahaja, Dokter Spesialis Kulit Sarankan Untuk Tetap Pakai Sunscreen
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, bukan berarti kalian lepas sepenuhnya dari perawatan kulit. Biasanya, orang-orang hanya memakai sunscreen ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Namun, saat berada di dalam ruangan kulit juga membutuhkan proteksi dari pantulan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Dokter spesialis kulit Inneke Jane, mengatakan bahwa berada di dalam ruangan bukan alasan untuk tidak memakai sunscreen. Jane juga merekomendasikan, untuk memakai sunscreen meskipun cuaca sedang mendung.

“Paparan sinar matahari berlebihan menyebabkan efek buruk,” kata Inneke dikutip dari Antara.

Tidak hanya di dalam rumah saja, namun sunscreen juga wajib dipakai saat keluar rumah dengan menggunakan kendaraan, seperti mobil. Hal ini dikarenakan, sinar matahari tetap dapat menembus ke dalam mobil sekalipun kaca jendela sudah tertutup.

Sinar radiasi ultra violet A (UVA) yang 95 persen berhasil menembus ke bumi bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit yang tidak terlindungi jika terpapar sinar matahari secara berlebihan. Sehingga dapat menimbulkan flek hitam dan keriput. Menurut Jane, ada perbedaan yang terlihat antara keriput yang disebabkan oleh paparan UVA dengan keriput alami akibat penuaan.

Baca juga: Sunscreen Sudah Kedaluwarsa, Bolehkah Tetap Dipakai?

“Lekukan keriput (akibat sinar matahari) lebih dalam,” katanya.

Selain UVA, sinar matahari ultra violet B (UVB) juga dapat berdampak buruk kepada kulit yang terpapar terlalu lama. Tidak seperti UVA, hanya lima persen UVB yang sampai ke bumi, tapi efeknya sangat besar. Jane bahkan mengatakan bahwa UVB dapat menyebabkan kulit terbakar.

Untuk menjaga kulit tetap sehat di tengah pandemi virus corona, jangan lupa untuk mengoleskan ulang sunscreen setiap tiga hingga empat jam dalam sehari. Kandungan SPF 30 juga sudah dapat membantu kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

Namun, perlu ada takaran yang tepat agar sunscreen dapat bekerja secara optimal. Untuk wajah, aplikasikan sebanyak dua gram per sentimeter persegi, atau sekitar dua ruas jari tangan. Untuk seluruh tubuh, aplikasikan 30 cc atau sekitar dua sendok makan sunscreen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)