home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Adanya Vaksin Tidak Akan Menghilangkan Keberadaan COVID-19?

Jumat, 04 September 2020 08:00 by Rie127 | 696 hits
Adanya Vaksin Tidak Akan Menghilangkan Keberadaan COVID-19?
Image Source: RFI

DREAMERS.ID - Pandemi COVID-19 masih belum selesai, bahkan beberapa studi mengatakan bahwa virus corona telah bermutasi menjadi lebih kuat. Hal ini membuat sebagian orang menanyakan tentang kinerja dari vaksin yang saat ini telah dibuat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Lembaga Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, MD, PhD, Clin mengatakan, kinerja vaksin memang akan berpengaruh apabila virus yang ditargetkan mengalami mutasi. Meski demikian penelitian harus tetap dilakukan untuk melihat pengaruh mutasi virus terhadap Receptor Binding Domain (RBD).

“Memang betul mutasi virus dapat memengaruhi strain protein. Tapi RBD adalah bagian yang menempel langsung pada reseptor Angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) yang ada di dinding sel manusia. Jadi selama RBD nya tidak terganggu, maka menurut saya tidak ada masalah,” ujar Prof. Amin, dalam Digital Media Briefing ‘Dukungan untuk Percepatan Penelitian Vaksin COVID-19’, Kamis, (3/9/2020), dikutip dari Okezone.

Selain itu Prof. Amin juga mengatakan, kehadiran vaksin tidak dapat menjamin dunia terbebas dari pandemi COVID-19. Pasalnya, dibutuhkan proses yang cukup panjang dari mulai vaksin ditemukan hingga dapat memberantas penyakit yang dituju.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Prof. Amin bahkan menyamakan kondisi pandemi COVID-19 dengan wabah cacar yang terjadi pada tahun 1750, yang telah membunuh sekiranya 10 persen populasi di Inggris.

Wabah ini terus berlangsung hingga jutaan orang berjatuhan akibat cacar. Namun pada 1976, dr. Edward Jenner berhasil menemukan vaksin cacar yang disebut dengan Variolae Vaccinae.

“Sekalipun vaksin sudah ada, tapi tidak bisa menghilangkan penyakit secara langsung. Berkaca dari penyakit cacar, dr. Edward Jenner (penemu vaksin cacar) saja membutuhkan waktu hingga 200 tahun dari vaksin tersebut ditemukan hingga benar-benar bisa memberantas cacar. Tapi dengan kecanggihan teknologi saat ini, seharusnya proses bisa lebih dipercepat,” jelasnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)