home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahli Dermatologi Wajibkan Masyarakat Harus Tetap Mandi Walaupun Pergi Sebentar

Jumat, 04 September 2020 15:45 by Rie127 | 597 hits
Ahli Dermatologi Wajibkan Masyarakat Harus Tetap Mandi Walaupun Pergi Sebentar
Image Source: Freepik

DREAMERS.ID - Sejak virus corona mulai melanda, beberapa protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus mulai diterapkan, seperti aturan mandi setelah berpergian atau keluar dari rumah.

Tentu saja mandi menjadi hal yang wajib dilakukan saat melakukan aktivitas diluar rumah terlebih di tengah pandemi virus corona. Namun, apakah jika kalian hanya pergi sebentar, sekedar ke minimarket, mandi tetap diwajibkan?

“Harus tetap (mandi), keluar durasi sebentar atau lama tidak menjamin pajanan (tak menempel pada pakaian atau kulit). Pada dasarnya saat sudah keluar rumah, kembali harus membersihkan diri dengan mandi bukan hanya mencuci muka,” kata ahli dermatologi dr. Fitria Agustina dikutip dari Antara.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Jika ingin mandi menggunakan air hangat, pastikan suhunya berada di 37-38 derajat Celcius dengan durasi maksimal 10 menit agar tidak mengganggu kelembapan kulit. Mandi yang benar harus benar-benar membasahi seluruh tubuh dari ujung rambut (keramas) hingga ujung kaki.

“Kalau nyaman dengan air dingin, silahkan. Jika menggunakan air suhu yang direkomendasikan yakni 37-38 derajat Celcius sebetulnya suhu tubuh tidak akan panas. Rasa panas mungkin karena suhunya tidak tepat. Boleh dibilas lagi air dingin biar rasanya tidak sumuk,” jelas Fitria.

Selain itu, sehabis berpergian disarankan untuk mandi secepat mungkin dan tidak menyentuh barang-barang atau orang lain di rumah sebelum membersihkan diri. Sebaiknya, pisahkan baju kotor yang digunakan saat keluar rumah dari pakaian kotor lainnya. Kemudian, cuci hingga bersih dan jemur.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)