home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Kanker Kolon yang Diderita Chadwick Boseman 'Black Panther'

Sabtu, 29 Agustus 2020 13:32 by muthiasp | 435 hits
Kenali Kanker Kolon yang Diderita Chadwick Boseman 'Black Panther'
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kabar duka datang dari dunia sinematik Marvel. Chadwick Boseman pemeran Black Panther meninggal dunia usai berjuang melawan kanker kolon stadium empat selama beberapa tahun belakangan ini.

Kanker kolon menurut Kemenkes RI dalam Panduan Penatalaksanaan Kanker Kolorektal adalah kanker yang berasal dari usus besar (kolon/colon) dan rektum. Kanker ini bisa berawal dari usus besar saja atau menyebar hingga ke rektum, maupun sebaliknya.

Kolon merupakan bagian terpanjang dari usus besar, yang fungsinya menyerap cairan dan memproses feses. Sementara, rektum adalah bagian kecil paling akhir dari usus besar sebelum anus, bertugas sebagai tempat penyimpanan feses sementara.

Melansir laman hello sehat, penderita kanker kolon tidak merasakan gejala apapun di awal. Gejala umumnya akan muncul ketika kanker sudah naik ke tahap lanjut, seperti diare atau sembelit, pendarahan di anus atau feses, perut nyeri, perut terasa penuh, tubuh lemah, dan berat badan turun.

Tidak diketahui secara pasti penyebabnya, namun salah satunya bisa jadi dikarenakan terbentuknya polip (pertumbuhan abnormal) pada lapisan kolon atau rektum. Beberapa polip selama bertahun-tahun dapat berubah menjadi kanker, paling sering jenis polip adenomatosa, polip hiperplastik, dan polip inflamasi yang berukuran lebih dari 1 cm.

Apa faktor yang meningkatkan resiko terkena kanker kolon? Usia, keturunan, peradangan usus, sindrom di usus besar, diet rendah serat tinggi lemak, obesitas dan diabetes, serta gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan jarang olahraga.

Lantas, bagaimana pencegahannya? Ubah gaya hidup lebih sehat, olahraga rutin, dan konsumsi makanan kaya vitamin dan serat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)