home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Sabtu, 29 Agustus 2020 16:33 by bonita99 | 971 hits
Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV
fin.co.id

DREAMERS.ID - Human Immunodeficiency Virus atau HIV yang sudah ada sejak tahun 1981 dari ditemukannya kasus HIV pertama kali. Pada tahun 2018, berdasarkan data UNAIDS, sudah sebanyak 37,9 juta orang di dunia hidup dengan HIV dan 770.000 orang meninggal karena AIDS.

Studi terbaru menemukan bahwa kekebalan tubuh tertentu pada orang, bisa melawan HIV. Tentunya, temuan ini diharapkan dapat mengobati infeksi HIV yang selama ini sulit untuk disembuhkan. Tercatat baru dua orang yang berhasil sembuh dari HIV melalui transplantasi sumsum tulang belakang.

Melansir CNN Indonesia, penelitian dari Ragon Institute of MGH, Amerika Serikat mendapati sejumlah kelompok orang langka yang dapat melawan HIV tanpa obat antiretroviral yang merupakan obat untuk menekan dan memperlambat perkembang virus HIV.

Dalam jurnal Nature, peneliti mengambil kesimpulan bahwa sistem kekebalan beberapa orang dapat menghilangkan dan merusak HIV. Kelompok langka tersebut tidak memiliki gejala atau kerusakan akibat terinfeksi HIV. Pada seperempat orang dari kelompok ini memiliki varian genetik yang dapat melawan HIV.

Belum diketahui dengan pasti cara kerja gen yang dapat melawan HIV tersebut. Ahli virus dari Rutgers University Robert Wood Johnson Medical School Monica Roth mengatakan bahwa "Setelah Anda mengetahui mekanisme ini bekerja, mungkin Anda dapat mengetahui apa yang salah pada orang lain dan menyesuaikannya".

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)