home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pasien Kanker Paru Alami Masalah Berobat Sejak Pandemi COVID-19

Rabu, 26 Agustus 2020 18:45 by Rie127 | 1036 hits
Pasien Kanker Paru Alami Masalah Berobat Sejak Pandemi COVID-19
Image Source: HaloDoc

DREAMERS.ID - Sejak virus corona menyebar dan memakan banyak korban jiwa, sejumlah pemeriksaan medis menjadi terhambat, salah satunya pengobatan untuk pasien kanker paru. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan pandemi Covid-19 menimbulkan beban ganda pada pengobatan pasien kanker paru.

Problem-nya sekarang ini ada virus corona. Pandemi ini jadi beban di sistem pelayanan kesehatan, terutama pelaksanaan pada pasien kanker paru. Kenapa jadi beban ganda? Karena mereka [pasien kanker paru] bisa terinfeksi juga dengan virus corona,” kata Sekretaris PDPI dokter speasilis paru Erlang Samoedro dalam Lung Talks.

Pasien kanker termasuk dalam kategori yang memiliki risiko tinggi untuk tertular Covid-19 dan mengembangkan gejala yang parah. Hal ini dikarenakan pasien kanker memiliki sistem imunitas yang rendah sehingga lebih rentan terinfeksi virus.

Selain rentan terhadap virus corona, pasien kanker juga tidak bisa menjalani pengobatan seperti biasa. Untuk mencegah penularan, pasien harus melakukan konsultasi dengan dokter secara daring. Hanya tindakan seperti kemoterapi yang dapat dilakukan dengan prosedur protokol yang ketat.

“Sekarang semua pasien harus punya kontak dokter. Memang mohon maaf, kalau WA suka dibalas terlambat karena memang banyak sekali pasien yang juga kontak di WA. Untuk kemoterapi tetap harus ke rumah sakit,” kata dokter spesialis paru lainnya, Sita Laksmi Andarini dikutip dari CNN Indonesia.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)