home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kerontokan Pada Rambut Jadi Salah Satu Tanda Terinfeksi Covid-19?

Rabu, 05 Agustus 2020 14:45 by Rie127 | 903 hits
Kerontokan Pada Rambut Jadi Salah Satu Tanda Terinfeksi Covid-19?
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Virus corona saat ini masih menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia. Para ahli juga terus meneliti perkembangan serta tanda-tanda terinfeksi virus yang mulai menyebar dari Wuhan, Tiongkok sejak awal tahun 2020 ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa pasien covid-19 ternyata mengalami kerontokan pada rambut. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat) memang tidak mencantumkan kerontokan rambut sebagai gejala Covid-19. Namun, beberapa dokter menemukan kondisi yang sama pada pasien covid-19.

“Ini [rambut rontok] cenderung terjadi pada orang-orang dengan gejala cukup parah,” ujar seorang dokter yang turut mengatasi pasien Covid-19 di Amerika Serikat, Nate Favini, dikutip dari CNN Indonesia.

Favini mengatakan bahwa pasien Covid-19 memiliki risiko mengalami telogen effluvium, atau kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan rontok kira-kira selama tiga bulan setelah mengalami peristiwa traumatis.

Baca juga: Pernah Kontak Dengan Pasien COVID-19? Disarankan Ikut Tes Swab

Rambut rontok sebenarnya merupakan hal umum yang dihadapi oleh banyak orang. Namun, jika rata-rata orang sehat kehilangan sekitar 100 helai rambut per hari, orang dengan telogen effluvium akan kehilangan tiga kali lipatnya.

“Ketika tubuh berada dalam situasi yang sangat menegangkan, energi bisa beralih dari menumbuhkan rambut ke hal-hal lain yang lebih penting,” tambah Favini.

Hal ini juga disetujui oleh pakar penyakit menular dari Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A Adalja, ia mengungkapkan, “Setelah mengalami tekanan fisiologis, ada kondisi yang berdampak pada siklus pertumbuhan folikel rambut.” ujar Adalja, dikutip Health.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Cukup lama tak muncul, Gong Yoo kembali menghiasi majalah GQ Korea edisi Oktober 2020. Kali ini, ia hadir dengan gaya klasik yang ternyata memang menjadi favorit aktor tampan berusia 41 tahun tersebut....
  • HOT !
    Baru baru ini, pemakaian masker scuba dan buff sudah dilarang karena dinilai tidak efektif dalam mencegah keluarnya droplet ketika batuk atau bersin, sehingga tidak dapat mencegah penyebaran COVID 19....
  • HOT !
    Masker masih menjadi salah satu alat pelindung diri yang efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, perlu juga diperhatikan jenis jenis makser yang baik untuk mencegah penyebaran droplet, seperti masker medis, kain, hingga masker 3 lapis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)