home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Kesalahan Pemakaian Masker yang Jarang Diketahui

Selasa, 14 Juli 2020 16:15 by Rie127 | 1935 hits
Ini Kesalahan Pemakaian Masker yang Jarang Diketahui
Image Source: HaloDoc

DREAMERS.ID - Masker kini memang menjadi alat pelindung diri yang wajib dipakai untuk menghindari penularan virus corona, terutama jika sedang berpergian. Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam memakai masker.

Karena hal ini, Mika Inkiriwang selaku Kabid Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) mengimbau masyarakat untuk memakai masker sesuai dengan protokol. Karena, jika masker dipakai sembarangan maka akan mengakibatkan penurunan efektivitas masker dan meningkatnya risiko penularan.

Dilansir dari CNN, berikut ini merupakan protokol memakai masker yang tepat agar masker dapat bekerja secara maksimal, dan menurunkan risiko penularan virus.

1. Langsung Pakai

Sebagian orang biasanya kurang memperhatikan kebiasaan sebelum memakai masker, padahal ini yang harus diperhatikan, yaitu memastikan tangan dalam keadaan bersih.

Sebelum memakai masker, pastikan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Hal ini dilakukan agar masker tetap steril.

2. Menyentuh Bagian Depan Masker

Terkadang, kita suka untuk membetulkan posisi masker, sehingga membuat kita menyentuh bagian depan masker, atau pada saat ingin melepas masker. Jika ingin melepas masker, sebaiknya sentuhlah dibagian tali.

“Kenapa kita tidak bisa pegang bagian tengah masker? Karena di situ pusat bakteri dan virus menempel”. kata Mika.

Baca juga: Beda dengan Anji, Ini Respon Jerinx Usai Dilaporkan IDI ke Polisi

3. Masker Diturunkan ke Bawah Dagu

Kebiasaan menurunkan masker ke bagian dagu sangat sering ditemui. Biasanya, hal ini dilakukan saat ingin makan atau minum, karena melepas masker dirasa merepotkan,

Namun, cara tersebut bukanlah solusi yang baik, Mika mengatakan bahwa menurunkan masker ke bagian dagu, secara tanpa sadar dapat membuat area kulit sekitar dagu terpapar bakteri atau virus dari permukaan masker yang menempel.

4. Lipat Sembarangan

Melipat masker ternyata juga memiliki atuan khusus, Mika mengatakan, jangan sampai bagian luar masker menyentuh bagian dalam masker.

“Tujuannya sama, menghindari paparan bakteri dan virus yang menempel di bagian luar masker”. katanya.

5. Tidak Konsisten

Bagi kalian yang masih suka melepas-pasang masker, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Memakai masker harus tetap konsisten, agar efektif untuk melindungi diri dari virus dibandingkan dengan melepas-pasang masker dengan alasan tidak nyaman.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Pencegahan Penanganan Covid-19, Rizky Ika Syafitri mengatakan bahwa banyak faktor yang menyebabkan peningkatan angka kasus, salah satunya penggunaan masker yang tidak konsisten.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Bagi kamu yang ingin merasakan street food Korea dengan berbagai macam jenis makanan, bisa datang ke Lunchbox Café di Pasar Tongin. Pasar tradisional ini terletak di Seoul yang mana menyuguhkan makanan makanan lezat....
  • HOT !
    Drama Korea Hotel del Luna menuai kesuksesan di Korea Selatan maupun internasional. Hal itu dimanfaatkan oleh tim drama untuk membuka pameran dari set lokasi syuting yang bisa dikunjungi oleh para penonton....
  • HOT !
    Bau badan memang menjadi salah satu faktor seseorang dapat kehilangan rasa percaya diri, terlebih jika diharuskan untuk bertemu dengan orang orang penting, bau badan menjadi hal yang paling mengganggu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)