home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Kuat Potensi Corona Menular Lewat Udara, PDPI Imbau Masyarakat Hindari Keramaian

Senin, 13 Juli 2020 17:45 by Rie127 | 983 hits
Makin Kuat Potensi Corona Menular Lewat Udara, PDPI Imbau Masyarakat Hindari Keramaian
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Pada 9 Juli lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui ringkasan ilmiah mengenai transmisi dan rekomendasi pencegahan Covid-19 dengan menambahkan kemungkinan penularan lewat udara, pemerintah Indonesia.

Hal ini membuat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) kembali mengingatkan masyarakat untuk menghindari keramaian baik di ruang tertutup maupun terbuka. Imbuan ini menyusul ditemukannya potensi penularan virus corona lewat udara atau airborne.

“Dengan terdapatnya risiko penularan secara airborne, terutama pada ruangan tertutup, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau, masyarakat tetap waspada dan tidak panik, menghindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka”, tulis PDPI dalam keterangan pers dikutip dari CNNIndonesia.

Baca juga: Beda dengan Anji, Ini Respon Jerinx Usai Dilaporkan IDI ke Polisi

Selain itu, kumpulan dokter spesialis paru juga menekankan agar setiap orang selalu menggunakan masker, bahkan ketika beraktivitas di dalam ruangan. Pernyataan tertulis PDPI menjelaskan, dalam panduan yang telah diperbarui oleh WHO, dijelaskan bahwa terdapat perbedaan antara penularan melalui airborne dan droplet.

Surat imbauan PDPI menerangkan penularan dari droplet dapat terjadi pada jarak dekat atau sekitar 1 meter. Sedangkan untuk airborne, virus dapat menular pada jarak lebih dari 1 meter dan bertahan lama di udara.

Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan penularan airborne terjadi ketika ada tindakan yang menghasilkan aerosol. Sebuah penelitian eksperimen menunjukkan RNA virus SARS-CoV-2 berada di sampel udara dalam aerosol selama 3 jam. Sedangkan, penelitian lain menemukan bahwa aerosol masih bertahan hingga 16 jam dan masih bisa bereplikasi jika masuk ke dalam sel.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Virus corona saat ini masih menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia. Para ahli juga terus meneliti perkembangan serta tanda tanda terinfeksi virus yang mulai menyebar dari Wuhan, Tiongkok sejak awal tahun 2020 ini....
  • HOT !
    YoonA merupakan salah satu selebriti Korea dengan wajah cantik natural yang dipuja banyak orang. Tak heran jika ia digaet untuk menjadi brand ambassador produk kecantikan hingga bertahan selama 11 tahun....
  • HOT !
    Pada Rabu (28/07) dilansir dari CNN Indonesia, Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan penanganan melahirkan di rumah sakit pada masa pandemi virus corona, untuk membantu pencegahan penyebaran virus dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang baru lahir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)