home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyakit Tidak Menular Lebih Berisiko Dibanding yang Menular, Apa Penyebabnya?

Senin, 06 Juli 2020 13:15 by Rie127 | 971 hits
Penyakit Tidak Menular Lebih Berisiko Dibanding yang Menular, Apa Penyebabnya?
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Penyakit jantung dan kanker merupakan PTM (Penyakit Tidak Menular) penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan saat ini PTM tidak hanya menyerang lansia, namun juga generasi muda.

Cut Putri Ariane selaku Direktur Pencegahan PTM Kementerian Kesehatan, mengatakan bahwa tren PTM terus meningkat hingga saat ini. Jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi, diikuti oleh kanker, diabetes melitus dengan komplikasi, hingga penyakit paru obstruktif kronis.

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) menunjukkan bahwa tren PTM yang dulu lebih banyak dialami kelompok usia lanjut, kini mulai mengancam usia produktif.

“PTM sangat memprihatinkan. Karena dulu anggapannya, kan, [terjadi] pada orang tua. Tapi sekarang trennya mulai naik pada usia 10-14 tahun”, kata Cut dikutip dari situs Kemenkes.

Tingginya angka PTM di Indonesia disebabkan oleh faktor gaya hidup tidak sehat. Riskesdas 2018 menemukan, 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Baca juga: Begini Gejala Orang Terkena Sindrom Patah Hati

Sebanyak 35,5 persen masyarakat juga kurang beraktivitas fisik. Ditambah lagi sebanyak 29,3 persen masyarakat usia produktif merupakan kelompok perokok aktif yang berkontribusi dalam memicu penyakit tidak menular.

“Perilaku kita sekarang ternyata semakin tidak baik. Mungkin momentum ini yang mengingatkan kita semua bahwa ketika imunitas tubuh kita turun, orang semakin banyak yang peduli untuk mengubah gaya hidup”, kata Cut.

Cut menyarankan agar masyarakat dapat merubah gaya hidup yang lebih sehat sejak dini untuk kebaikan dimasa depan, serta kesadaran untuk merawat kesehatan tubuh. Karena menecegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

“Jangan lupa deteksi dini. Tak memiliki keluhan belum tentu sehat. Lakukan screening minimal 6-12 bulan sekali”, imbuhnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Bagi kamu yang ingin merasakan street food Korea dengan berbagai macam jenis makanan, bisa datang ke Lunchbox Café di Pasar Tongin. Pasar tradisional ini terletak di Seoul yang mana menyuguhkan makanan makanan lezat....
  • HOT !
    Drama Korea Hotel del Luna menuai kesuksesan di Korea Selatan maupun internasional. Hal itu dimanfaatkan oleh tim drama untuk membuka pameran dari set lokasi syuting yang bisa dikunjungi oleh para penonton....
  • HOT !
    Bau badan memang menjadi salah satu faktor seseorang dapat kehilangan rasa percaya diri, terlebih jika diharuskan untuk bertemu dengan orang orang penting, bau badan menjadi hal yang paling mengganggu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)