home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perempuan Disarankan Periksa Gangguan Cemas Sejak Usia 13 Tahun, Ini Alasannya

Selasa, 30 Juni 2020 12:15 by Rie127 | 545 hits
Perempuan Disarankan Periksa Gangguan Cemas Sejak Usia 13 Tahun, Ini Alasannya
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Baru-baru ini terdapat sebuah studi dari Women's Preventive Services Initiative (WPSI) yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine mengungkapkan bahwa perempuan disarankan untuk melakukan screening atau mendeteksi gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Hal ini dapat dilakukan lebih awal, yaitu sejak usia 13 tahun. Screening ini juga bertujuan untuk mencegah gangguan kecemasan di masa depan, hal ini dikarenakan perempuan lebih memiliki risiko mengalami gangguan kecemasan dibandingkan dengan laki-laki.

Hal ini dikarenakan perempuan lebih mungkin mengalami kecemasan, dimulai dari faktor biologis, stres hingga pelecehan seksual. Remaja perempuan juga banyak menyimpan ekhawatiran, seperti soal penampilan, sekolah, dan media sosial.

Gangguan kecemasan dapat terjadi pada masa kanak-kanak, dengan usia rata-rata 11 tahun dan dapat berkembang pada pertengahan masa dewasa. Namun, pada umumnya, gangguan kecemasan tersebut akan menurun pada usia sekitar 60 tahun.

Menurut WPSI dan berdasarkan tinjauan pada 171 studi, screening atau mendeteksi lebih awal gangguan kecemasan di usia muda dapat memberikan banyak manfaat. Dimulai dari gejala yang membaik dan tingkat kekambuhan yang menurun setelah melakukan terapi psikologis.

“Tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk meningkatkan deteksi gangguan kecemasan pada remaja perempuan dan dewasa melalui screening untuk mencapai diagnosis awal jenis kecemasan spesifik dan kondisi yang terjadi, memulai pengobatan yang tepat, dan meningkatkan kesehatan, fungsi, dan kesejahteraan”, rekomendasi dari WPSI dikutip dari CNN.

Gangguan kecemasan sendiri merupakan kondisi mental yang ditandai dengan rasa khawatir berlebihan dan tidak terkendali. Gangguan ini termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, atau sekolah.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)