home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Face Shield Lebih Efektif Cegah Corona daripada Masker?

Kamis, 25 Juni 2020 23:00 by bellaevania | 1372 hits
Face Shield Lebih Efektif Cegah Corona daripada Masker?
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Face shield dan masker menjadi barang yang dibutuhkan saat pandemi Covid-19. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pelindung wajah untuk mencegah penularan Covid-19.

Selama ini pemerintah Indonesia menganjurkan wajib penggunaan masker. Namun mengutip Bussiness Insider, tiga dokter dari kota Lowa, Amerika Serikat mengatakan bahwa face shield kemungkinan lebih baik melindungi ketimbang masker. Dengan catatan apabila protokol kesehatan lainnya seperti cuci tangan dan jaga jarak tetap diterapkan.

"Face shield ada berbagai macam bentuknya, tapi semuanya menyediakan pembatas plastik transparan yang melapisi wajah. Untuk perlindungan optimak, face shield panjangnya harus melewati dagu, telinga dan jangan ada celah antara dahi dan plastiknya," tulis Dokter Eli Perencevich, Daniel Diekema dan Michael Edmond.

Face shield diyakini bisa mencegah pemakainya berulang kali menyentuh wajah dan memungkinkan bisa bernapas lebih lega. Face shield juga lebih mudah dibersihkan dengan semprotan disinfektan, tak seperti masker yang harus dicuci dan dikeringkan agar tetap higenis.

Sementara itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam keputusan HK.01.07/MENKES/382/2020 menyarankan agar masker dan face shield digunakan ketika berada di lokasi atau tempat tertentu yang melibatkan banyak orang. Misalnya saja saat ke pasar, mal yang padat.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)