home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Gejala Terinfeksi Bakteri Listeria Akibat Jamur Enoki

Kamis, 25 Juni 2020 19:45 by Rie127 | 938 hits
Begini Gejala Terinfeksi Bakteri Listeria Akibat Jamur Enoki
Image Source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Berdasarkan hasil analisis epidemiologi, penelusuran rekam jejak, dan bukti laboratorium yang dilakukan oleh sejumlah otoritas kesehatan, mereka menemukan adanya bakteri Listeria pada jamur Enoki yang dipasok oleh Green Co.Ltd asal Korea Selatan.

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit Listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula.

Gejala yang ditimbulkan juga berbeda-beda pada setiap orang. Dilansir dari CNN, pada umumnya pasien yang terinfeksi bakteri Listeria menimbulkan gejala berupa sakit kepala yang parah, demam tinggi, kehilangan keseimbangan, kebingungan, nyeri otot, leher kaku, dan kejang.

Gejala ini juga terjadi pada perempuan hamil, namun dengan gejala tambahan yang berpotensi mengakibatkan keguguran, lahir mati, prematur hingga infeksi lain yang mengancam bayi yang baru lahir.

Baca juga: Spicy Enoki Mushroom, Makanan Favorit Youtuber Mukbang

Biasanya, gejala tersebut muncul setelah satu hingga empat minggu pasien mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik.

Berdasarkan keterangan Agung Hendriadi selaku Kepala Badan Ketahanan Kementan mengatakan sampai sekarang belum ditemukan kasus yang serius akibat kontaminasi bakteri dari jamur enoki di Indonesia.

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di beberapa negara, termasuk Indonesia juga telah menyatakan untuk melakukan penarikan dan memusnahkan produk jamur enoki dari Green Co Ltd Korea Selatan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)