home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Disebut Berbahaya, Ini Kata Ahli Tentang Jamur Enoki

Kamis, 25 Juni 2020 18:45 by muthiasp | 1855 hits
Heboh Disebut Berbahaya, Ini Kata Ahli Tentang Jamur Enoki
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Bagi kalian penggemar shabu-shabu atau hotpot pasti tidak asing dengan jamur enoki. Kabar terbaru menyebutkan jika jamur enoki berbahaya sehingga diminta ditarik dari peredarannya di Indonesia.

Dilansir dari laman detik (25/6), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meminta pelaku usaha (importir) untuk menarik dan memusnahkan jamur enoki yang beredar di Indonesia, karena ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Bakteri Listeria monocytogenes atau L. monocytogenes itu disebutkan terdapat pada jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, LTD asal Korea Selatan.

Bakteri Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan manula. Gejala Listeriosis invasif biasanya mulai 1 hingga 4 minggu setelah makan makanan yang terkotaminasi dengan bakteri listeria.

Lantas, apa kata ahli?

Baca juga: Spicy Enoki Mushroom, Makanan Favorit Youtuber Mukbang

Mengutip Kompas, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria menyebabkan empat orang meninggal dunia dan 30 orang lainnya dirawat di rumah sakit Amerika Serikat, pada 11 Maret lalu.

Dokter Ahli Gizi Komunitas dan Magister Filsafat, Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum menyebutkan langkah yang dilakukan oleh Kementan baik untuk mencegah wabah menularnya penyakit Listeria ke sumber pangan lain.

Di sisi lain, menurutnya, bakteri Listeria monocytogenes akan mati jika dimasak dengan benar dalam suhu mulai dari 75 derajat celcius. “Sekitar 75-80 derajat Celcius sudah mati, apalagi jika dimasak sampai matang dengan suhu 100 derajat Celcius," ujarnya.

dr Tan juga mengatakan bahwa bakteri Listeria monocytogenes sebenarnya sering ditemukan dalam makanan yang tidak dimasak atau siap makan, seperti keju, produk susu, dan sosis. Penting juga untuk mencuci bahan makanan dan tangan sebelum memasak.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)