home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Disebut Berbahaya, Ini Kata Ahli Tentang Jamur Enoki

Kamis, 25 Juni 2020 18:45 by muthiasp | 2733 hits
Heboh Disebut Berbahaya, Ini Kata Ahli Tentang Jamur Enoki
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Bagi kalian penggemar shabu-shabu atau hotpot pasti tidak asing dengan jamur enoki. Kabar terbaru menyebutkan jika jamur enoki berbahaya sehingga diminta ditarik dari peredarannya di Indonesia.

Dilansir dari laman detik (25/6), Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meminta pelaku usaha (importir) untuk menarik dan memusnahkan jamur enoki yang beredar di Indonesia, karena ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Bakteri Listeria monocytogenes atau L. monocytogenes itu disebutkan terdapat pada jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, LTD asal Korea Selatan.

Bakteri Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan manula. Gejala Listeriosis invasif biasanya mulai 1 hingga 4 minggu setelah makan makanan yang terkotaminasi dengan bakteri listeria.

Lantas, apa kata ahli?

Baca juga: Spicy Enoki Mushroom, Makanan Favorit Youtuber Mukbang

Mengutip Kompas, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria menyebabkan empat orang meninggal dunia dan 30 orang lainnya dirawat di rumah sakit Amerika Serikat, pada 11 Maret lalu.

Dokter Ahli Gizi Komunitas dan Magister Filsafat, Dr dr Tan Shot Yen, M.Hum menyebutkan langkah yang dilakukan oleh Kementan baik untuk mencegah wabah menularnya penyakit Listeria ke sumber pangan lain.

Di sisi lain, menurutnya, bakteri Listeria monocytogenes akan mati jika dimasak dengan benar dalam suhu mulai dari 75 derajat celcius. “Sekitar 75-80 derajat Celcius sudah mati, apalagi jika dimasak sampai matang dengan suhu 100 derajat Celcius," ujarnya.

dr Tan juga mengatakan bahwa bakteri Listeria monocytogenes sebenarnya sering ditemukan dalam makanan yang tidak dimasak atau siap makan, seperti keju, produk susu, dan sosis. Penting juga untuk mencuci bahan makanan dan tangan sebelum memasak.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)