home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dijual Bebas, Obat Anti Virus Corona Harus Tetap Berdasarkan Resep Dokter

Senin, 22 Juni 2020 12:15 by Rie127 | 739 hits
Dijual Bebas, Obat Anti Virus Corona Harus Tetap Berdasarkan Resep Dokter
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa saat belakangan ini, obat Dexamethasone menjadi perbincangan. Hal ini dikarenakan sebuah studi dari Inggris menemukan salah satu manfaat dari obat tersebut untuk menekan risiko kematian pasien penderita covid-19 yang sedang dalam masa kritis.

Walaupun termasuk obat yang dijual secara bebas, para dokter mengimbau penggunaan Dexamethasone tidak boleh sembaranagn. Bahkan Abraham Andi Padlan Patarai selaku Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) menegaskan bahwa penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan berdasar resep dokter.

“Dexamethasone itu yang sering kami pakai untuk antiinflamasi, itu untuk peradangan. Dari dulu dipakai hanya untuk meng-combine obat dalam rangka anti-radang”, tutur dokter Bram dikutip dari CNNIndonesia.com.

Baca juga: WHO Didesak Revisi Rekomendasi, Para Ahli Yakin Virus Corona Menular Lewat Udara?

Ia kemudian melanjutkan, “Kan harus berdasarkan indikasi [dari dokter] untuk apa dia minum obat itu. Kan kadang-kadang dikombinasikan dengan obat alergi--ketika menimbulkan radang. Banyak yang salah paham, ketika gatal-gatal terus minum dexamethasone”.

Selain itu, Erlang Samoedro selaku Sekretaris Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI) mengatakan bahwa Dexamethasone dalam kasus penanganan Covid-19 digunakan sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan dengan dosis yang beragam. Itu sebabnya penentuan dosis pun harus mengikuti arahan dokter dan bergantung pada indikasi masing-masing pasien.

Erlang juga menjelaskan bahwa Dexamethasone bukan obat yang dapat menghilangkan atau menghambat pertumbuhan virus. Menurut Erlang, obat steroid ini merupakan obat tambahan yang bekerja untuk sistem imun tubuh.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)