home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Flush Toilet Dapat Sebabkan Gangguan Pernapasan, Kok Bisa?

Selasa, 16 Juni 2020 19:15 by Rie127 | 772 hits
Flush Toilet Dapat Sebabkan Gangguan Pernapasan, Kok Bisa?
Image Source: CNN

DREAMERS.ID - Toilet memang merupakan salah satu tempat yang harus dijaga kebersihannya agar tidak menjadi sarang penyakit. Namun, menurut laporan terbaru terdapat salah satu bagian dari toilet yang dapat menyebarkan penyakit paru-paru, yaitu flush.

Menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Emerging Infectious Disease, penyakit Legionnaires berisiko menyebar saat toilet di-flush. Hal ini dikarenakan flush toilet dapat melepaskan kuman dari air yang kemudian terkontaminasi ke udara.

Penyakit Legionnaires sendiri merupakan penyakit infeksi paru-paru atau pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Legionella. Bakteri ini hidup di lingkungan berair, dan menjadi masalah kesehatan ketika tumbuh dan menyebar dalam sistem air, seperti pendingin ruangan, bak air panas, kepala pancuran, keran wastafel, dan air mancur dekoratif.

Studi itu juga mengungkap 2 kasus yang terjadi di sebuah rumah sakit di Prancis. Pasien diduga tertular penyakit Legionnaires saat menghirup udara yang terkontaminasi air toilet saat di-flush.

“Diduga kuat bahwa air toilet merupakan sumber penularan penyakit”, kata penulis studi, ahli biologi medis di Saint-Antoine Hospital, Jeanne Couturier kepada Live Science.

Menurut CDC, orang dapat terinfeksi saat menghirup tetesan air di udara, baik dalam bentuk uap atau kabut yang mengandung bakteri. Namun, jangan khawatir karena penyakit ini pada umumnya tidak menyebar dari orang ke orang.

Banyak orang yang terkena bakteri Legionella tidak merasakan sakit. Namun, orang-orang yang berisiko tinggi terkena bakteri ini adalah para orang tua, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, dan memiliki penyakit paru-paru kronis dapat mengalami pneumonia.

Couturier juga memberitahu cara agar terhindar dari Legionnaires saat akan mem-flush toilet. Couturier juga menyarankan agar toilet disinfeksi secara rutin agar tetap terjaga kebersihannya.

“Tampaknya penting untuk mengedukasi pasien untuk menutup tutup toilet sebelum menekan tombol flush terutama pasien yang kekurangan imun atau pasien dengan komorbiditas, yang lebih berisiko terhadap penyakit Legionnaire”, kata Couturier.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)