home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Agar Terhindar dari Penyakit Ini

Rabu, 29 April 2020 15:50 by fzhchyn | 2319 hits
Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Agar Terhindar dari Penyakit Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menjalankan ibadah puasa diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk pembersihan atau pembuangan racun secara alami. Namun jika dilakukan tanpa aturan, puasa bisa menjadi bumerang dan berdampak buruk bagi tubuh. Khususnya bagi orang yang memiliki penyakit tertentu.

Karena itulah sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar puasa tak menyebabkan tubuh sakit dan mengalami masalah seperti yang dilansir laman National Health Service berikut.

1. Maag

Puasa biasanya mengurangi jumlah asam dalam lambung yang digunakan untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri. Meski begitu, jika memikirkan makanan atau mencium bau makanan dapat membuat otak menyampaikan pesan pada perut untuk memproduksi asam dan memicu maag. Bagi orang yang biasa mengkonsumsi obat maag, sebaiknya waktu minum obat dibiasakan diganti menjadi saat sahur. Dan hindari makan makanan yang digoreng dan pedas.

2. Diabetes

Bagi orang yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa, karena biasanya mereka harus menyuntikkan insulin secara teratur. Gula darah juga salah satu yang harus dimonitor karena jika gula darah rendah (disebut hypo) bisa sangat berbahaya. Pusing dan berkeringat biasanya menjadi tanda hypo. Dan jika sudah seperti ini, mereka harus segera minum minuman yang manis atau menaruh gula atau sesuatu yang manis di bawah lidah.

3. Sakit kepala

Sakit kepala yang dialami saat puasa bisa disebabkan karena dehidrasi atau lapar, kurang istirahat, atau tidak adanya asupan yang biasa dikonsumsi seperti kafein. Pastikan untuk mengkonsumsi banyak cairan dan hindari paparan sinar matahari langsung untuk mencegah sakit kepala.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

4. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi masalah biasa yang dihadapai saat menjalankan puasa. Karena tubuh akan terus kehilangan cairan dan garam melalui napas, keringat, dan urin. Jika tidak minum cukup air sebelum puasa, maka risiko dehidrasi akan semakin meningkat.

5. Sembelit

Sembelit saat menjalankan puasa bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat, minum banyak air, dan asupan serat dari buah dan sayur.

6. Stress

Kurangnya supan makanan dan minuman, rutinitas dan periode waktu tidur yang berubah bisa menyebabkan stress. Jadi sangat penting untuk menangani sumber stress ini agar tak menyebabkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

7. Berat badan

Makanan yang dikonsumsi selama berbuka sampai waktu sahur bisa membuat tubuh mendapat tambahan berat badan yang tidak diinginkan. Jadi jangan makan berlebihan dan jaga aturan makan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)