SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terlalu Lama di Rumah Dapat Terserang Cabin Fever, Apa Itu?

Selasa, 28 April 2020 03:30 by Rie127 | 1391 hits
Terlalu Lama di Rumah Dapat Terserang Cabin Fever, Apa Itu?
Image Source: shutterstock

DREAMERS.ID - Kurang lebih sudah lebih dari 1 bulan masyarakat diimbau agar tetap #dirumahaja untuk menghindari penyebaran virus corona yang tengah mewabah di Indonesia sejak awal Maret.

Beberapan perusahaan, serta sekolah juga turut memberlakukan sistem tersebut dengan meliburkan para karyawan dan murid agar mengerjakan pekerjaan di rumah tanpa harus pergi ke kantor atau sekolah.

Dilansir dari CNN, hal ini dapat memicu cabin fever bagi para masyarakat yang secara terus-menerus berada di dalam rumah. Walaupun bukan termasuk kondisi gangguan psikologis, cabin fever merujuk pada perasaan yang berkaitan dengan kondisi terisolasi dari dunia luar.

Dalam kondisi ini, seseorang yang mengalami cabin fever akan mudah merasa marah, bosan, putus asa, gelisah, hingga sulit untuk berkonsentrasi pada apa yang dilakukan.

“Cabin fever melibatkan serangkaian emosi negatif dan tekanan yang terkait dengan pembatasan”. ujar psikolog Vaile Wright, dikutip dari CNN.

Menurut Wrigh, kepribadian dan temperamen dapat menjadi fakto utama seseorang dengan cepat merasakan perubahan emosi. Pada umumnya, hal ini terjadi dikalangan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert.

Namun, kabar baiknya adalah cabin fever tidak berlaku bagi orang-orang yang memandang segala sesuatu dengan pikiran yang positif. Seperti yang dikatakan oleh Paul Rosenblatt, seorang psikolog yang pernah memperlajari hal tersebut.

Paul mengungkapkan bahwa mereka yang melihat masa karantina sebagai kesempatan untuk membersihkan rumah, mengevaluasi keuangan, menata lemari, atau mencari hobi baru, akan terlindungi dari cabin fever.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Seorang ilustrator bernama Chancil Chan belakangan menjadi viral karena dinilai berhasil mengubah beberapa foto tokoh terkenal atau tokoh nasional menjadi anime Jepang. Yang walaupun mungkin tampil dalam visual berbeda, image dan feel dari karakter tersebut tetap terasa....
  • HOT !
    Setiap negera tentunya memiliki tempat tempat yang memiliki keunikan atau cerita sendiri. bahkan hampir di setiap Negara juga memiliki bangunan tua yang telah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu, termasuk di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)