SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Peningkatan Keamanan yang Dilakukan Zoom untuk Cegah 'Zoombombing'

Minggu, 26 April 2020 13:00 by zia92 | 995 hits
Berbagai Peningkatan Keamanan yang Dilakukan Zoom untuk Cegah 'Zoombombing'
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Meski namanya menjadi populer di tengah pendemi corona yang memaksa orang untuk bekerja dan belajar dari rumah, layanan Zoom memiliki reputasi yang kurang bagus terkait keamanannya. Salah satunya adalah masalah peretasan dengan teknik ‘Zoombombing’, di mana orang asing dapat masuk dalam sebuah meeting atau konferensi.

Untuk mengatasi masalah itu, perusahaan pun memberikan pembaruan Zoom 5.0 untuk meningkatkan keamanan layanan panggilan video mereka. "Kami mengumumkan peningkatan keamanan yang kuat pada pembaruan Zoom 5.0 yang akan datang, dengan menambahkan enkripsi AES 256-bit GCM. Penting bagi kami yang secara proaktif mengidentifikasi, mengatasi, dan meningkatkan kemampuan serta privasi platform Zoom selama 90 hari," tulis CEO Zoom, Eric Yuan dalam laman resmi Zoom, mengutip CNN

Enkripsi AES 256-bit GCM ini difungsikan untuk meningkatkan perlindungan saat rapat online tengah berlangsung, dengan memberikan jaminan kerahasiaan serta integritas pada Zoom Meeting, Zoom Video Webinar, dan data Zoom Phone.

Lalu, perusahaan juga memberikan kontrol host (penyelenggara rapat) yang lebih kuat. Host bisa melaporkan pengguna (Report a User) kepada Zoom melalui ikon Security (keamanan). Bahkan host juga dapat menonaktifkan kemampuan peserta untuk mengubah nama tampilan profil saat mengikuti rapat.

Baca juga: Video Call Grup Lebih Enak Pakai WhatsApp, Zoom, atau Google Hangouts?

Selain itu ada fitur bawaan Waiting Room. Nantinya, para peserta rapat akan disatukan di dalam fitur itu sehingga host bisa menyaring siapa saja yang boleh masuk agar terhindar dari serangan Zoombombing.

Peningkatan keamanan juga diterapkan pada kata sandi, seseorang yang ditunjuk sebagai host bisa memodifikasi kata sandi yang lebih kompleks berdasarkan ketentuan dari Zoom. Misalnya, mesti dimasukkan karakter alfanumerik (kombinasi antara kata dan angka).

Kemudian Zoom melakukan peningkatan pada dashboard, yang memungkinkan host dapat melihat bagaimana pertemuan mereka terhubung ke pusat data Zoom. Melansir BGR, semua pusat data itu terhubung ke server HTTP Tunnel dan Zoom Conference Room Connectors. ID rapat dan opsi Invite (undangan) pun telah dipindahkan ke menu Participants (Peserta) sehingga menyulitkan para pengguna untuk secara tidak sengaja membagikan ID rapat mereka. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Seorang ilustrator bernama Chancil Chan belakangan menjadi viral karena dinilai berhasil mengubah beberapa foto tokoh terkenal atau tokoh nasional menjadi anime Jepang. Yang walaupun mungkin tampil dalam visual berbeda, image dan feel dari karakter tersebut tetap terasa....
  • HOT !
    Setiap negera tentunya memiliki tempat tempat yang memiliki keunikan atau cerita sendiri. bahkan hampir di setiap Negara juga memiliki bangunan tua yang telah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu, termasuk di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)