home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Dipakai Artis, Ini Kalung 'Anti Corona' yang Viral Nyatanya Tidak Bermanfaat?

Kamis, 23 April 2020 12:00 by bellaevania | 1228 hits
Banyak Dipakai Artis, Ini Kalung 'Anti Corona' yang Viral Nyatanya Tidak Bermanfaat?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Hingga saat ini belum ada obat untuk virus Covid-19. Masyarakat pun dihimbau untuk sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga social distancing. Tetapi belakangan beredar kalung ajaib yang dipercaya bisa mencegah kita dari virus Corona.

Kalung asal Jepang bernama 'Virus Shot Out' itu disebut-sebut bisa menangkal virus Corona. Kalung berwarna biru berbentuk seperti ID card itu banyak dijual secara online dengan harga yang berkisar dari Rp 200 ribu-350 ribu.

Dalam penjelasan produknya, kalung tersebut telah terbukti secara eksperimental efektif memblokir partikel dan bakteri yang ada di udara, serta berbagai virus epidemi, mengurangi kemungkinan terinfeksi atau menginfeksi orang lain.

Kalung tersebut berisi klorin dioksida. Di mana senyawa kimia ini dikenal sebagai cairan disinfektan yang mampu mengeliminasi daya tahan hidup virus.  'Virus Shot Out' diklaim cocok untuk digunakan orang sakit, orangtua, anak-anak, dan orang dengan kekebalan tubuh yang rendah.

Baca juga: Manfaat Kalung Pembersih Udara yang Dipakai Menteri Airlangga Hartanto, Benar Efektif?

Sejumlah artis Indonesia terlihat memakai kalung anti virus tersebut. Mulai dari Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Nia Ramadhani, Ruben Onsu hingga Luna Maya.

Ahli mengatakan fungsi kalung ini hanya hoax

Namun menurut Profesor virologi dan imunologi di Universitas Southampton Inggris, William Keevil, kalung tersebut tidak bisa melindungi pemakainya. Menurutnya, alat ini dikenakan di leher, yang jauh dari hidung dan mulut pemakai. Di mana mulut dan hidung merupakan pintu masuk utama untuk infeksi Covid-19.

Sedangkan jika didekatkan dengan area mulut dan hidung, senyawa yang terkandung di dalamnya bisa berbahaya bagi tubuh menyebabkan iritasi pernapasan dan mata yang parah, serta kulit terbakar.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)