SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini

Selasa, 21 April 2020 11:00 by zia92 | 1455 hits
Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Di masa karantina mandiri seperti saat ini, intensitas menggunakan gadget seperti laptop dan smartphone menjadi lebih sering. Tahukah kamu jika kita menghabiskan waktu paling sedikit 2 jam per hari untuk menatap layar ponsel, maka kita sudah ‘memaksa’ diri untuk membuat mata lelah secara digital.

Kelelahan mata secara digital adalah rasa sakit dan lelah pada mata yang terjadi setelah menatap layar gadget yang memicu pada mata merah, tegang, bahkan sakit bahu dan kepala. Dikutip laman Womens Health Mag, The Vision Council, sebuah grup nonprofit yang mewakili industri optik merilis laporan mengenai mata lelah secara digital ini.

Laporan tersebut menemukan bahwa 93% dari manusia yang sering menatap layar gadget setiap harinya berada dalam risiko tersebut. Hal itu bisa dirasakan saat pandangan menjadi kabur saat mengalihkan pandangan dari layar gadget setelah berjam-jam.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Agar Terhindar dari Penyakit Ini

“Saat kita menatap layar, kita hanya sedikit berkedip dibandingkan saat melihat sekeliling ruangan atau membaca buku, dan itu membuat mata menjadi kering dan meningkatkan kelelahan,” kata Cristina Schnider, O.D seorang ahli mata dan direktur senior komunikasi profesional untuk Johnson & Johnson Vision Care, Inc.

Jadi bagaimana untuk membuat penglihatan tetap aman tanpa harus menghindari gadget? Yaitu dengan mengambil istirahat secara teratur. “Setiap 10 atau 20 menit, biasakan untuk mengalihkan pandangan dari layar dan temukan suatu objek yang jauh untuk difokuskan. Hal itu akan membuat pola berkedip kembali normal dan mengembalikan kelembaban mata,” kata Schnider.

The Vision Council menyebutnya aturan 20-20-20, yang artinya setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik pada sesuatu sejauh 20 kaki.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Seorang ilustrator bernama Chancil Chan belakangan menjadi viral karena dinilai berhasil mengubah beberapa foto tokoh terkenal atau tokoh nasional menjadi anime Jepang. Yang walaupun mungkin tampil dalam visual berbeda, image dan feel dari karakter tersebut tetap terasa....
  • HOT !
    Setiap negera tentunya memiliki tempat tempat yang memiliki keunikan atau cerita sendiri. bahkan hampir di setiap Negara juga memiliki bangunan tua yang telah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu, termasuk di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)