SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Sudah Blokir Ponsel BM, 2 Perangkat Elektronik Ini Juga Kena Aturan IMEI

Senin, 20 April 2020 13:20 by zia92 | 3161 hits
Pemerintah Sudah Blokir Ponsel BM, 2 Perangkat Elektronik Ini Juga Kena Aturan IMEI
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Mulai 18 April, pemerintah melalui Kemententerian Komunikasi dan Informatika mulai memblokir ponsel ilegal alias black market (BM). Pemblokiran ini dilakukan lewat pemindaian nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang merupakan nomor identitas perangkat.

Sebagai informasi, nomor IMEI digunakan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya. Jika nomor IMEI yang ada di perangkat dengan database daftar putih (whitelist) yang dimiliki oleh pemerintah tidak cocok, ponsel tersebut berpotensi diblokir dari layanan seluler. Otomatis, pemilik ponsel tidak bisa terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel tidak bisa dipakai internet, menelepon, atau berkirim SMS.

Pada Minggu (19/4), Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenperin Janu Suryanto, menjelaskan bahwa penerapan kebijakan validasi IMEI, tidak terbatas pada ponsel namun juga pada semua perangkat elektronik yang tersambung ke jaringan seluler. Meski begitu, perangkat yang terakses ke jaringan wifi tidak dikenai aturan ini.

Menurut Janu, yang masuk lingkup validasi IMEI adalah produk gawai pintar, komputer genggam, dan tablet (HKT). Perangkat HKT yang sudah diaktifkan sebelum pemberlakuan aturan atau 18 April 2020 masih dapat digunakan walaupun merupakan barang black market ( BM) karena peraturan ini tidak berlaku surut, seperti dilansir dari Kompas.

Apabila unit yang diaktifkan tidak terdaftar IMEI-nya, operator langsung memblokirnya. Selain Indonesia, negara yang menggunakan skema whitelist adalah India, Australia, Mesir dan Turki. “Karena itu, pembeli smartphone, komputer atau tablet secara offline sebaiknya melakukan pengecekan nomor IMEI-nya sebelum membayar," imbau Janu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Seorang ilustrator bernama Chancil Chan belakangan menjadi viral karena dinilai berhasil mengubah beberapa foto tokoh terkenal atau tokoh nasional menjadi anime Jepang. Yang walaupun mungkin tampil dalam visual berbeda, image dan feel dari karakter tersebut tetap terasa....
  • HOT !
    Setiap negera tentunya memiliki tempat tempat yang memiliki keunikan atau cerita sendiri. bahkan hampir di setiap Negara juga memiliki bangunan tua yang telah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu, termasuk di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)