home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Digunakan Untuk Obati Pasien COVID-19, Chloroquine Timbulkan Dampak Negatif?

Rabu, 15 April 2020 14:40 by Rie127 | 2654 hits
Sudah Digunakan Untuk Obati Pasien COVID-19, Chloroquine Timbulkan Dampak Negatif?
Image Source: Tempo

DREAMERS.ID - Penelitian untuk uji coba obat Chloroquine untuk virus corona dihentikan karena dapat menimbulkan komplikasi. Uji klinis di Brazil melaporkan bahwa ada sekelompok pasien yang mengonsumsi chloroquine dengan dosis tinggi dan menimbulkan masalah pada jantung.

Penelitian ini dilakukan pada 440 pasien yang positif terinfeksi virus corona, peneliti memberikan dosis sebanyak 600 miligran chloroquine 2 kali sehari dalam waktu 10 hari pada beberapa pasien, dan beberapa pasien lainnya diberikan dosis lebih rendah, yaitu 450 miligram selama 5 hari.

Dilansir dari CNN, setelah mencoba pada 81 pasien, peneliti melihat beberapa tanda yang mengkhawatirkan. Dalam beberapa hari pengobatan, banyak pasien dalam kelompok dosis tinggi mengalami masalah irama jantung dan 2 pasien dinyatakan meninggal setelah mengalami detak jantung yang abnormal.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Hal ini membuat para peneliti memberhentikan penggunaan dan juga penelitian terhadap chroloquine pada kelompok dosis tinggi. Peneliti juga mengingatkan para dokter di sleuruh dunia untuk tidak menggunakan chloroquine pada pasien COVID-19 dalam dosis tinggi.

Chloroquine dan Hydroxychloroquine sendiri merupakan obat yang digunakan untuk malaria. Obat ini diteliti untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona. Pemerintah Indonesia juga sudah membeli chloroquine untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus COVID-19.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)