home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sampai Sakit Leher dan Punggung, Begini Posisi Tubuh yang Tepat Saat WFH

Selasa, 14 April 2020 12:00 by fzhchyn | 685 hits
Jangan Sampai Sakit Leher dan Punggung, Begini Posisi Tubuh yang Tepat Saat WFH
Image source: USA Today

DREAMERS.ID - Berbeda saat di kantor di mana kita bekerja sambil duduk pada umumnya, lain hal kebiasaan yang dilakukan jika di rumah. Apalagi selama pandemi corona ini yang membuat sebagian orang bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Bekerja tidak pada kursi dan meja yang tepat seperti di kantor dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti punggung, leher dan bahu yang kaku. Rasa sakit ini tentunya disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa terus melihat ke bawah untuk menatap gadget setara dengan menempatkan beban seberat  60 pon (sekitar 27 kilogram) pada tulang belakang. Agar WFH ini tidak menyebabkan masalah kesehatan berikut adalah beberapa posisi menggunakan gadget yang seharusnya dilakukan.

1. Berdiri
Saat melihat ponsel dengan keadaan berdiri, jangan tempatkan ponsel sejajar dengan perut sehingga kita akan cenderung lebih membungkukkan kepala dan leher. Sebaiknya, posisi ponsel berada di depan dada.

2. Duduk
Jangan memangku laptop dengan cara memangkunya di paha, karena hal ini juga memungkinkan leher akan menekuk. Sebaiknya, duduk di kursi dengan posisi yang nyaman dan letakkan laptop di meja.

3. Posisi bersantai
Saat di tempat tidur, penggunaan gadget sejenis tablet sebaiknya tidak disandarkan ke paha sementara tubuh bersandar di bantalan karenan membuat kepala menunduk. Posisi yang lebih baik adalah berbaring miring.

5. Bersantai di sofa
Saat menggunakan tablet di sofa, posisi tengkurap dan menaruh gadget di lantai biasanya menjadi posisi favorit tapi ternyata hal ini tidak baik. Sebaiknya kita berbaring dan mengangkat gadget.

6. Bertumpu di siku
Menggunakan ponsel sambil tengkurap dan bertumpu di siku juga sebaiknya dihindari. Lagi-lagi, posisi berbaring dengan tubuh miring itu lebih baik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)