home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Khilaf Makan Banyak Saat Stres? Ini Trik Untuk Menghentikannya

Jumat, 03 April 2020 23:00 by dodo07 | 920 hits
Sering Khilaf Makan Banyak Saat Stres? Ini Trik Untuk Menghentikannya
Image source: twitter

DREAMERS.ID - Makan memang dinilai menjadi solusi yang tepat ketika stress. Meski begitu, hal ini justru dianggap kurang baik. Selain berdampak buruk bagi tubuh, makan berlebihan saat stres juga dapat memicu dampak psikologis yang juga lebih buruk.

Menghentikan perilaku melampiaskan emosi ke makanan memang terbilang tidak mudah. Walau begitu, hal ini tetap dapat dihentikan. Berikut adalah trik untuk menghentikan kebiasaan makan ketika stres yang dilansir dari laman Liputan6.

Jujur pada diri sendiri

Emotional eating alias makan sebagai pelampiasan tidak akan dilakukan saat seseorang benar-benar lapar, tetapi hanya dilakukan sebagai obat stres yang dihadapi. Maka itu, cara yang tepat untuk mencegah emotional eating adalah mengenali diri apakah Anda benar-benar lapar ketika akan melakukan makan. Jika kamu sudah bisa jujur terhadap diri sendiri, maka otak secara otomatis berinisiatif untuk mencari solusi lain yang lebih sehat.

Baca juga: Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?

Temukan pemicunya

Perilaku emotional eating juga bisa dicegah jika bisa menemukan gangguan apa yang menjadi pemicu munculnya emosi negatif di dalam diri. Kebiasaan ini cenderung dilakukan karena adanya rasa tidak berdaya dari emosi yang dialami.

Cari alternatif lain

Mengurangi stres tidak harus dengan memakan makanan dalam porsi yang banyak. Kamu bisa mencari alternatif lain yang lebih sehat, misalnya dengan jalan-jalan, menonton film hingga melakukan liburan yang bisa menenangkan pikiran.

(ddo)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)